Nomor : 3
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pembelajaran : Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
Jumlah Pertemuan : 2 kali
A.
Kompetensi Dasar (KD)
1.4 Menerapkan
konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ
pada hewan berdsarkan hasil pengamatan.
1.4 Menyajikan data
tentang struktur anatomi jaringan pada hewan berdasarkan hasil pengamatan untuk
menunjukkan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada hewan
terhadap bioproses yang berlangsung pada hewan.
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
1.4.1
Menganalisis berbagai bentuk dan
struktur sel penyusun jaringan epitel.
1.4.2
Mendeskripsikan berbagai macam
jaringan ikat dalam tubuh hewan/manusia.
1.4.3
Membedakan jaringan otot polos,
otot lurik, dan otot jantung.
1.4.4
Menjelaskan ciri-ciri jaringan
saraf.
1.4.5
Mengaitkan
struktur jaringan dengan letak dan
fungsinya dalam tubuh
hewan/manusia.
1.4.6
Memerinci organ-organ penyusun
sistem organ pada tubuh manusia.
1.4.7
Menjelaskan
stem cell (sel punca).
1.4.8
Mengemukakan
abnormalitas sel-sel pada penyakit tumor/kanker, dan penyebabnya.
1.4.1
Mengidentifikasi berbagai macam
jaringan penyusun organ tubuh hewan melalui pengamatan gambar.
1.4.2
Menseketsa gambar berbagai macam
jaringan hewan dari hasil pengamatan mikroskopis.
1.4.3
Melaporkan
secara tertulis hasil pengamatan mikroskopis tentang struktur berbagai jaringan
pada hewan/manusia.
C.
Tujuan Pembelajaran
Afektif:
1.
Siswa
dapat mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan
fungsi jaringan, organ
penyusun sistem organ pada tubuh hewan/manusia.
2.
Siswa
dapat menunjukkan perubahan perilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung
jawab, dan peduli dalam observasi dan
eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan
dan berargumentasi, bekerjasama, berpendapat secara
ilmiah dan kritis, responsif dan
proaktif dalam setiap
tindakan dan dalam melakukan pengamatan atau eksperimen tentang struktur dan fungsi
jaringan hewan.
Kognitif:
1.
Siswa
dapat menganalisis
berbagai bentuk dan struktur sel penyusun jaringan epitel.
2.
Siswa
dapat mendeskripsikan
berbagai macam jaringan ikat dalam tubuh hewan/manusia.
3.
Siswa
dapat membedakan
jaringan otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
4.
Siswa
dapat menjelaskan
ciri-ciri jaringan saraf.
5.
Siswa
dapat mengaitkan struktur jaringan dengan letak dan fungsinya
dalam tubuh hewan/manusia.
6.
Siswa
dapat memerinci
organ-organ penyusun sistem organ pada tubuh manusia.
7.
Siswa
dapat menjelaskan stem cell (sel punca).
8.
Siswa
dapat mengemukakan abnormalitas sel-sel pada penyakit tumor/kanker, dan
penyebabnya.
Psikomotorik:
1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai macam jaringan
penyusun organ tubuh hewan melalui pengamatan gambar.
2. Siswa dapat menseketsa gambar berbagai macam jaringan hewan
dari hasil pengamatan mikroskopis.
3. Siswa dapat melaporkan secara tertulis
hasil pengamatan mikroskopis tentang struktur berbagai jaringan pada hewan/manusia.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Fakta: Hewan merupakan organisme
multiseluler (terdiri atas banyak sel). Sel-sel tersebut membentuk jaringan, beberapa
jaringan akan membentuk organ, dan beberapa organ akan membentuk sistem organ.
Suatu organ terdiri atas jaringan, dan jaringan terdiri
atas sel-sel
|
2.
Materi
Konsep
·
Jaringan
tubuh hewan vertebrata dapat dibedakan menjadi empat jaringan dasar, yaitu
jaringan epitel, jaringan ikat (jaringan penyambung), jaringan otot, dan
jaringan saraf.
·
Berdasarkan
bentuk sel, jaringan epitel dapat dibedakan, yaitu jaringan epitel pipih
(gepeng), kubus, silindris, transisional, dan kelenjar.
·
Jaringan
ikat tersusun dari bahan intersel (matriks) dan sel-sel penyusun jaringan ikat.
·
Sel-sel
yang terdapat pada jaringan ikat, yaitu fibroblas, makrofag (histiosit), sel
lemak (sel adiposa), Mast cell (sel
tiang), sel plasma, sel pigmen, leukosit (sel darah putih), dan sel mesenkim.
·
Jaringan
ikat dapat dibedakan tiga jenis, yaitu: jaringan ikat sejati, jaringan ikat
cair, dan jaringan ikat penyokong.
·
Terdapat
tiga macam jaringan otot, yaitu: otot polos, otot rangka (otot lurik), dan otot
jantung.
·
Jaringan
saraf tersusun oleh sel saraf (neuron)
dan sel penyokong (neuroglia).
·
Organ
merupakan sekumpulan beberapa macam jaringan yang melakukan fungsi tertentu.
·
Berdasarkan
letaknya pada tubuh, organ dibedakan dua kelompok, yaitu organ luar (misalnya:
mata, telinga, mulut, hidung, kulit) dan organ dalam (misalnya: paru-paru,
jantung, lambung, usus, ginjal). Lambung merupakan contoh organ, tersusun dari
beberapa jaringan, yaitu: jaringan epitel, jaringan otot polos, jaringan darah,
jaringan saraf, jaringan ikat, dan jaringan limfe.
·
Sistem
organ merupakan gabungan dari beberapa organ yang melakukan fungsi tertentu.
Sistem organ pada tubuh manusia, yaitu sistem gerak, sistem sirkulasi (sistem
peredaran darah dan sistem limfatik), sistem pencernaan, sistem pernapasan,
sistem ekskresi, sistem koordinasi (sistem hormon, sistem saraf, sistem
indera), dan sistem reproduksi (sistem reproduksi pada laki-laki dan sistem
reproduksi pada wanita).
·
Stem Cell (sel punca), adalah sel yang
menjadi awal mula dari pertumbuhan sel lain yang menyusun keseluruhan tubuh
organisme.
·
Berdasarkan
tingkat maturasi, stem cell dibedakan dua jenis, yaitu stem cell embrionik (embryonic stem cell) dan stem cell
dewasa (adult stem cell).
·
Stem
cell dalam aplikasi klinis, dipercaya dapat menjadi solusi penyakit
degeneratif, yaitu kerusakan sel-sel dalam jaringan atau organ.
·
Tumor adalah benjolan atau pembengkakan akibat
pertumbuhan sel-sel abnormal yang tumbuh tidak terkontrol.
·
Berdasarkan pertumbuhannya, tumor dapat
dibedakan dua jenis, yaitu tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor). Tumor yang bersifat ganas
disebut kanker.
·
Faktor penyebab tumor/kanker, yaitu keturunan (genetik), lingkungan, makanan yang
mengandung bahan kimia, virus, infeksi, gangguan keseimbangan hormonal,
kejiwaan dan emosional, serta radikal bebas.
3. Materi Prinsip
·
Tubuh manusia memiliki
beberapa sistem organ. Sistem organ tersusun atas beberapa macam organ, dan
organ tersusun atas beberapa macam jaringan yang berbeda-beda.
4.
Materi Prosedural
·
Pengamatan
struktur jaringan pada hewan/manusia.
- Metode Pembelajaran
·
Presentasi siswa
·
Diskusi kelas
·
Praktikum
·
Kuis
- Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(menit)
|
1
|
Pendahuluan
·
Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen,
mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi: Menggali pengetahuan siswa bahwa hewan merupakan organisme
multiseluler yang tersusun atas banyak sel. Bagaimanakah sel-sel tersebut
membentuk suatu jaringan?
·
Memotivasi:
Guru menyampaikan bahwa organ-organ pada hewan/ manusia tersusun atas
beberapa jenis jaringan. Jenis jaringan apakah yang terdapat pada hewan/
manusia?
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
15
|
2
|
Kegiatan inti
a. Mengamati
·
Guru mengajak murid untuk mengamati gambar
anatomi kulit yang tersusun atas beberapa macam jaringan.
b. Menanya
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanya berkaitan
dengan gambar anatomi kulit, misalnya: jaringan apakah yang menyusun
kulit? Apakah fungsi dari jaringan-jaringan yang menyusun kulit?
·
Siswa yang lainnya dapat mencoba memberikan
jawaban/hasil analisa sementara.
c. Mengumpulkan data/ melakukan pengamatan berbagai macam
jaringan pada hewan/ manusia dengan menggunakan preparat kering dan mikroskop
(halaman 114 – 115).
·
Guru mengajak siswa untuk mempersiapkan alat-alat praktik.
·
Siswa mempelajari
cara kerja praktikum dan diberi kesempatan untuk menanya bila tidak paham.
·
Guru memberikan
penjelasan untuk mempertegas cara kerja praktikum yang benar.
·
Siswa secara berkelompok mengamati secara cermat dan teliti berbagai macam jaringan pada hewan/
manusia, seperti lemak, epitel, darah, otot, tulang keras, tulang rawan, dan
lain-lain.
·
Siswa
menggambar objek hasil pengamatan.
d.
Mengasosiasikan
·
Siswa bekerja dengan teman sekelompoknya untuk menganalisis dan
mendiskusikan hasil pengamatannya, seperti membandingkan struktur dari
berbagai macam jaringan hewan/ manusia.
·
Siswa
menganalisis jenis jaringan yang menyusun suatu organ.
·
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan praktikum.
e. Mengomunikasikan
·
Diskusi kelas, setiap kelompok
mempresentasikan hasil pengamatannya.
·
Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat hasil pengamatan
siswa.
·
Guru memberikan tambahan informasi berkaitan
dengan perbedaan struktur dan fungsi berbagai macam jaringan pada hewan/
manusia; jenis jaringan tertentu yang menyusun suatu organ hewan/ manusia.
|
150
|
3
|
Penutup
·
Resume: Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan tentang jenis jaringan
yang terdapat pada organ tertentu. Misalnya organ kulit tersusun atas
jaringan epitel, darah, lemak, dan jaringan ikat.
·
Refleksi: Memberikan pertanyaan berkaitan dengan jaringan-jaringan
yang menyusun suatu organ pada hewan/ manusia.
·
Tindak lanjut: Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan
resmi tertulis lengkap dengan gambar.
·
Rencana pembelajaran selanjutnya: Organ-organ penyusun sistem organ pada
hewan/manusia; Sel Punca (Stem Cell), Tumor dan Kanker (halaman 115
– 125).
|
15
|
2. Pertemuan ke-2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(menit)
|
1
|
Pendahuluan
·
Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen,
mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi: Menggali pengetahuan siswa tentang jenis organ yang
terdapat dalam tubuh manusia. ”Organ-organ apakah yang terdapat dalam tubuh
kita dan apakah fungsinya masing-masing?”
·
Memotivasi:
Guru menyampaikan bahwa beberapa organ akan bekerja sama membentuk suatu
sistem organ. Sistem organ apa saja yang terdapat dalam tubuh hewan/ manusia?
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
15
|
2
|
Kegiatan inti
a. Mengamati
·
Guru mengajak murid untuk mengamati torso
tubuh manusia.
b. Menanya
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanya berkaitan
dengan organ-organ penyusun sistem organ, misalnya: Organ-organ apakah
yang menyusun sistem peredaran darah, sistem reproduksi wanita, atau sistem
koordinasi?
·
Siswa yang lainnya dapat mencoba memberikan
jawaban/hasil analisa sementara.
c. Mengumpulkan data/ Eksplorasi
·
Siswa
duduk secara berkelompok (3 – 5 siswa) diberikan tugas melakukan kajian
literatur/ browsing di internet sesuai dengan subtopik yang diberikan oleh
guru, yaitu tentang organ
dan sistem organ pada manusia (halaman 115 – 118); sel punca atau stem cell (halaman 119 – 122); tumor
dan kanker (halaman 122 – 124).
d. Mengasosiasikan
·
Diskusi
dalam kelompok untuk menganalisis tentang organ
dan sistem organ pada manusia; sel punca atau stem cell; tumor dan kanker.
·
Masing-masing kelompok menyiapkan bahan presentasi sesuai dengan
subtopik yang diberikan guru dilengkapi dengan soal-soal kuis.
e. Mengomunikasikan
·
Diskusi kelas, setiap kelompok
mempresentasikan hasil pembahasan tentang
organ dan sistem
organ pada manusia; sel punca atau stem
cell; tumor dan kanker.
·
Setelah presentasi, setiap kelompok membacakan soal-soal kuis untuk
dijawab oleh siswa dan langsung diberikan nilai oleh kelompok penyaji
presentasi (penilaian teman sejawat).
·
Guru memberikan tambahan informasi.
·
Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat tentang organ dan
sistem organ pada manusia; sel punca atau stem
cell; tumor dan kanker.
·
Guru
bersama siswa menyepakati hasil pengembangan materi.
|
150
|
3
|
Penutup
·
Resume: Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan tentang organ dan
sistem organ pada manusia; sel punca atau stem
cell; tumor dan kanker.
·
Refleksi: Memberikan pertanyaan berkaitan dengan organ dan sistem
organ pada manusia; sel punca atau stem
cell; tumor dan kanker.
·
Tindak lanjut: Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan
soal-soal uji kompetensi (halaman 126 – 131).
·
Rencana pembelajaran selanjutnya: Bab 4 Sistem Gerak (halaman 132); praktikum
pengamatan struktur tulang keras.
|
15
|
- Sumber Belajar/Bahan Ajar/Alat
1.
Sumber belajar:
Buku teks Biologi
SMA/MA kelas XI, Penyusun Irnaningtyas. Penerbit Erlangga, Jakarta. Program
peminatan kelompok Matematika dan Ilmu-ilmu Alam (MIA), Bab 3.
2.
Bahan ajar:
·
Bahan presentasi dan gambar struktur dan fungsi jaringan hewan.
·
Bahan praktikum: - .
3. Alat:
-
Komputer/LCD, VCD/CD
player.
-
Mikroskop, kertas tisu, kamera, preparat kering
(berbagai jaringan hewan/manusia).
H. Penilaian
1. Kognitif
a. Hasil jawaban latihan soal-soal (PR).
b. Ulangan harian.
Contoh
soal:
·
Di
manakah dapat ditemukan jaringan darah?
·
Sebutkan
jenis jaringan yang terdapat pada usus halus.
·
Sebutkan
organ-organ penyusun sistem ekskresi.
·
Apa
yang dimaksud dengan stem cell?
·
Jelaskan
penyebab tumor/kanker.
2. Psikomotorik:
·
Praktik
di laboratorium: Pengamatan
struktur dan fungsi jaringan hewan.
·
Presentasi.
3. Afektif:
·
Pengamatan sikap dan
perilaku pada saat belajar di dalam ruang kelas dan praktikum di laboratorium.
INSTRUMEN PENILAIAN
KEGIATAN PRESENTASI
Aspek penilaian : Psikomotorik dan afektif
Judul kegiatan : Presentasi kelompok tentang jenis, struktur jaringan hewan/ manusia dan fungsinya; organ dan sistem
organ pada hewan/ manusia; sel punca atau stem
cell; tumor dan kanker.
Tanggal Penilaian:
Kelas :
No
|
Kelompok
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Materi
presentasi
|
Kerja sama
dalam kelompok
|
Keaktifan
|
Ketrampilan
dalam mengemukakan pendapat
|
|||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
INSTRUMEN PENILAIAN
KEGIATAN PRAKTIK
Indikator :
1. Mengidentifikasi berbagai macam jaringan penyusun organ tubuh hewan
melalui pengamatan gambar.
2. Menseketsa gambar berbagai macam jaringan hewan dari hasil pengamatan
mikroskopis.
3. Melaporkan secara tertulis
hasil pengamatan mikroskopis tentang struktur berbagai jaringan pada
hewan/manusia.
Aspek penilaian : Psikomotorik
Judul kegiatan : Pengamatan struktur jaringan pada hewan.
Tanggal Penilaian :
Kelas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Persiapan
alat dan bahan
|
Kesesuaian
pelaksanaan dengan cara kerja
|
Kontribusi
dalam teman kelompok
|
Laporan
praktikum (pengamatan struktur jaringan pada hewan)
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Materi : Struktur dan Fungsi
Jaringan Hewan
Kelas/Semester:
Hari/Tanggal :
No
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggung
jawab
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
Mengetahui,
……………..., …
Juli 2014
Kepala SMA/MA…………... Guru Mata Pelajaran Biologi,
......................................
............................................
NIP................................
NIP.....................................
------------------
No comments:
Write komentar