Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 4 Kota
Bandung
Mata Pelajaran : Biologi
Pokok Bahasan : Pembelahan sel
Kelas/Semester : XII/ 1
Pertemuan ke : 1 dari 4
Alokasi waktu : 90 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
pembelajaran dengan pendekatan scientific,
peserta didik dapat bekerja sama, menganalisis proses pembelahan sel sebagai
dasar penurunan sifat dari induk kepada keturunannya berdasarkan pengamatan dan
menyajikan data pengamatan peristiwa pembelahan sel
B.
Kompetensi Inti
No.
|
Uraian
|
1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadiaan, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
C.
Kompetensi Dasar
No.
|
Uraian
|
3.4
|
Menganalisis proses
pembelahan sel sebagai dasar penurunan sifat dari induk kepada keturunannya
berdasarkan pengamatan
|
4.4
|
Menyajikan dan
menganalisis data hasil pengamatan pembelahan sel
|
D.
Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Uraian
|
3.4.1
|
Membedakan
pembelahan sel secara langsung dan tidak langsung
|
3.4.2
|
Menyimpulkan
ciri tahap pembelahan sel profase
|
3.4.3
|
Menyimpulkan
ciri tahap pembelahan sel prometafase
|
3.4.4
|
Menyimpulkan
ciri tahap pembelahan sel metafase
|
3.4.5
|
Menyimpulkan
ciri tahap pembelahan sel anafase
|
3.4.6
|
Menyimpulkan
ciri tahap pembelahan sel telofase
|
3.4.7
|
Mengaitkan
hubungan antara mitosis dengan penurunan sifat dari induk kepada anaknya
|
4.1.1
|
Membuat
laporan praktikum pengamatan pembelahan sel akar bawang
|
E.
Materi Pembelajaran
1.
|
Fakta
|
:
|
|
2.
|
Konsep
|
:
|
Pembelahan sel secara langsung tahapan
pembelahannya belum jelas sedangkan pembelahan tidak langsung terjadi melalui
fase-fase tertentu
|
3.
|
Prinsip
|
:
|
Pembelahan sel merupakan tahapan
penting dalam penurunan sifat
|
4.
|
Prosedural
|
:
|
Prosedur melakukan praktikum,
|
F.
Strategi Pembelajaran
1. Metode
Pembelajaran : Diskusi
2. Pendekatan
Pembelajaran : Saintifik
G.
Media / Alat
1. Media
: LKPD, Video
2. Alat
: Projektor dan screen
H.
Sumber Belajar
1. Irnaningtyas.
2013. Biologi Untuk SMA kelas XII.
Jakarta : Erlangga.
2. Campbell
N.A. 2008. Mitchell LG, Reece JB, Taylor MR, Simon EJ. Biologi, edisi
8 . Jakarta: Erlangga.
I.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
Rincian Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
a. Guru
memberi salam
b. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan
mengondisikan siswa yang sedah duduk berkelompok
c. Guru
bertanya “mengapa makhluk hidup bisa tumbuh besar?” untuk apersepsi dan
motivasi
d. Guru
mengaitkan dengan materi sebelumnya tentang pertumbuhan dan perkembangan
e. Guru meyampaikan tujuan pembelajaran
f. Guru menekankan pentingnya bekerja dalam
tim, saling berdiskusi, dan menghargai pendapat dalam proses pembelajaran
|
10 menit
|
2. Kegiatan
Inti
Rincian Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Mengobservasi
g. Peserta
didik mengamati peristiwa pembelahan sel pada sel akar bawang melalui
praktikum
h. Peserta
didik melakukan studi literatur
i. Peserta
didik duduk dengan kelompok ahli yang sudah ditentukan oleh guru untuk
berdiskusi tentang materi yang sedang pelajari, kelompok ahli 1 tentang
amitosis, kelompok ahli 2 tentang mitosis tahap profase, kelompok ahli 3
tentang mitosis tahap prometafase kelompok ahli 4 tentang mitosis tahap
metafase, kelompok ahli 5 tentang mitosis tahap anafase, dan kelompok ahli 6
tentang telofase
Menanya
j. Peserta
didik bertanya setelah melakukan praktikum
k. Guru
memberikan arahan dan batasan pertanyaan
Mengumpulkan data
l. Peserta
didik mencatat hasil pengamatannya setelah mengamati preparat sel akar bawang
m. Peserta
didik melakukan diskusi untuk menjawab pertanyaan pada LKPD
Mengkomunikasikan
n. Peserta
didik mempersentasikan hasil diskusi kelompok ahlinya secara bergiliran
o. Peserta
didik yang tidak melakukan persentasi menanggapi hasil diskusi yang melakukan
persentasi.
Mengasosiasi
p. Peserta
didik membaca dan menganalisis hasil diskusi untuk mendapatkan konsep
q. Guru
mengkonfirmasi hasil diskusi Peserta didik
r. Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran
|
65 menit
|
3. Kegiatan
Akhir
Rincian Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
s. Guru
memberikan test untuk dikerjakan oleh semua peserta didik
t. Guru
memberikan apresiasi bagi kelompok dan individu yang memiliki perkembangan
paling signifikan
u. Guru
menugaskan siswa untuk membaca materi untuk pertemuan selanjutnya
v. Guru
menutup pembelajaran
|
15 menit
|
J.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1. Penilaian
a. Teknik
Penilaian
Penilaian Sikap :
observasi
Penilaian Pengetahuan : tes objektif
b. Bentuk
Penilaian
Observasi :
mengamati kerja kelompok
Tes Objektif
: uraian
c. Instrumen
Penilaian : terlampir
2. Remidial
dan Pengayaan
a. Peserta
didik yang mendapatkan nilai <75 dilakukan remedial
b. Peserta
didik yang mendapatkan nilai >75 mendapatkan pengayaan
Catatan Pelaksanaan :
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
INSTRUMEN
PENILAIAN KOGNITIF
No.
|
Uraian Indikator
|
Naskah soal
|
3.4.1
|
Membedakan
pembelahan sel secara langsung dan tidak langsung
|
Pernyataaan
yang benar tentang perbedaan pembelahan sel secara langsung dan tidak
langsung adalah…
a. Pembelahan
sel secara tidak langsung terjadi disemua makhluk hidup
b. Pembelahan
sel secara langsung terjadi disemua makhluk hidup
c.
Pembelahan
sel secara tidak langsung terjadi pada pada organisme eukariotik
d. Pembelahan
sel secara langsung hanya terjadi pada bakteri
e. Pembelahan
sel secara tidak langsung juga terjadi pada ganggang biru
|
3.4.2
|
Menyimpulkan
ciri tahap pembelahan sel profase
|
Perhatikan gambar
berikut ini!
kesimpulan
yang sesuai dengan gamar diatas tentang ciri profase adalah….
a. Benang-benang
dalam kromatin mulai menebal
b. Mulai
terbentuk gelendong dari dari mikrotubula
c. Serat-serat
kromatin menjadi terkumpar lebih rapat
d.
Sentrosom
bergerak saling menjauh
e. Nukleolus
menghilang sehingga tidak terjadi replikasi DNA
|
3.4.3
|
Menyimpulkan
ciri tahap pembelahan sel prometafase
|
Perhatikan
gambar berikut ini!
kesimpulan
yang sesuai dengan gamar diatas tentang ciri prometafase adalah….
a. Berkas
mikrotubula memanjang kea rah tengah sel
b. Selaput
nucleus terfragmentasi dan kemudian menghilang
c.
Kromosom
menyebar di bagian tengah dari sel
d. Mikro
tubulus menarik maju-mundur kromosom
e. Sentrosom
tidak pada kutub yang bersebrangan
|
3.4.4
|
Menyimpulkan
ciri tahap pembelahan sel metafase
|
Perhatikan
gambar berikut ini!
kesimpulan
yang sesuai dengan gamar diatas tentang ciri metafase adalah….
a.
Kromosom
berjejer di bagian tengah sel
b. Sentrosom
tidak pada kutub yang bersebrangan
c. Kromatid
saudara melekat ke mikrofilamen
d. Merupakan
tahap mitosis paling lama
e. Selaput
nukleolus sudah terlihat samar-samar
|
3.4.5
|
Menyimpulkan
ciri tahap pembelahan sel anafase
|
Perhatikan
gambar berikut ini!
kesimpulan
yang sesuai dengan gamar diatas tentang ciri anafase adalah….
a. Merupakan
tahap mitosis paling yang paling pendek
b.
Sel
memanjang saat mikrotubulus nonkinetokor memanjang
c. Protein
kohesin terbelah sehingga kromatid bisa berpisah
d. Kedua
kromosom anakan bergerak menuju ujung sel
e. Kedua
ujung sel memiliki jumlah kromosom yang sama
|
3.4.6
|
Menyimpulkan
ciri tahap pembelahan sel telofase
|
Perhatikan
gambar berikut ini!
kesimpulan
yang sesuai dengan gamar diatas tentang ciri telofase adalah….
a. Sudah
terbentuk selaput nukleus yang utuh
b. Nukleus
sudah bisa diamati kembali
c. Kromosom
sudah nampak tidak terkondensasi
d.
Sudah
terlihat lekukan untuk pemisahan sel
e. Dua
anakan nukleus sudah terbentuk dalam sel
|
3.4.7
|
Mengaitkan
hubungan antara mitosis dengan penurunan sifat dari induk kepada anaknya
|
pernyataan
yang menunjukan keterkaitan mitosis dengan penurun sifat dari induk kepada
anaknya adalah….
a. Kedua
ujung sel memiliki jumlah kromosom yang sama
b. Pada
tahap telofase terbentuk dua nukleus dalam sel
c. Kedua kromosom anakan bergerak
menuju ujung sel
d. Protein
kohesin terbelah sehingga kromatid bisa berpisah
e. Selaput
nucleus terfragmentasi dan kemudian menghilang
|
LEMBAR OBSERVASI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Observer :
Petunjuk : berilah tanda √ setiap aspek kegiatan
sesuai dengan situasi sebenarnya
Aspek kegiatan yang diamati
|
Keterlaksanaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
1. Guru
memberikan salam
|
||
2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan
mengondisikan siswa yang sedah duduk berkelompok
|
||
3.
Guru melakukan apersepsi dan
motivasi
|
||
4. Guru
mengaitkan apersepsi dengan materi sebelumnya
|
||
5. Guru meyampaikan tujuan pembelajaran
|
||
6.
Guru menekankan pentingnya bekerja dalam
tim, saling berdiskusi, dan menghargai pendapat dalam proses pembelajaran
|
||
7. Peserta
didik mengamati peristiwa pembelahan sel pada sel akar bawang melalui
praktikum
|
||
8. Peserta
didik melakukan studi literatur
|
||
9. Peserta
didik duduk dengan kelompok ahli yang sudah ditentukan oleh guru untuk
berdiskusi tentang materi yang sedang pelajari, kelompok ahli 1 tentang amitosis,
kelompok ahli 2 tentang mitosis tahap profase, kelompok ahli 3 tentang
mitosis tahap prometafase kelompok ahli 4 tentang mitosis tahap metafase,
kelompok ahli 5 tentang mitosis tahap anafase, dan kelompok ahli 6 tentang
telofase
|
||
10. Peserta
didik bertanya setelah melakukan praktikum
|
||
11. Guru
memberikan arahan dan batasan pertanyaan
|
||
12. Peserta
didik mencatat hasil pengamatannya setelah mengamati preparat sel akar bawang
|
||
13. Peserta
didik melakukan diskusi untuk menjawab pertanyaan pada LKPD
|
||
14. Peserta
didik mempersentasikan hasil diskusi kelompok ahlinya secara bergiliran
|
||
15. Peserta
didik yang tidak melakukan persentasi menanggapi hasil diskusi yang melakukan
persentasi.
|
||
16. Peserta
didik membaca dan menganalisis hasil diskusi untuk mendapatkan konsep
|
||
17. Guru
mengkonfirmasi hasil diskusi Peserta didik
|
||
18. Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran
|
||
19. Guru
memberikan test untuk dikerjakan oleh semua peserta didik
|
||
20. Guru
memberikan apresiasi bagi kelompok dan individu yang memiliki perkembangan
paling signifikan
|
||
21. Guru
menugaskan siswa untuk membaca materi untuk pertemuan selanjutnya
|
||
22. Guru
menutup pembelajaran
|
||
23. Keterurutan
langkah pembelajaran
|
Bandung, Oktober 2017
Observer
(____________________)
REKAPITULASI
AKTIFITAS SISWA
Observer :
Petunjuk : hitunglah banyaknya siswa yang
terlibat dalam kegiatan pembelajaran
Aktifitas siswa yang diamati
|
Jumlah
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
1. Siswa
mengamati peristiwa pembelahan sel dengan mikroskop atau foto hasil pengamatan
mikroskop
|
||
2. Siswa
melakukan studi literatur dengan membaca buku
|
||
3.
Siswa menjelaskan hasil diskusi
kelompok ahli
|
||
4. Siswa
menanggapi hasil diskusi kelompok ahli (bertanya, menyanggah, atau
menambahkan)
|
||
5. Siswa
mendengarkan penjelasan teman sekelompoknya
|
Bandung, Oktober 2017
Observer
(____________________)
PERSENTASE
AKTIFITAS SISWA
Observer
|
:
|
||||
Petunjuk
|
:
|
1.
Hitunglah banyaknya siswa yang melakukan aktifitas
negative (off-task) setiap 10 menit
sekali
2.
Untuk menghitung banyak siswa yang melakukan
aktifitas positif (on-task)
kurangilah jumlah keseluruhan siswa dengan jumlah siswa yang melakukan
aktifitas negative (off-task)
|
|||
Tatapan ke-
|
Aktifitas Negative
(off-task)
|
Aktifitas
Positif (on-task)
|
|||
Jumlah
|
%
|
Jumlah
|
%
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
Rata-rata
|
Aktifitas negative (off-task) siswa:
1.
Berbicara
sesuatu yang tidak berhubungan dengan tugas yang diberikan.
2.
Mengerjakan
tugas-tugas lain.
3.
Mengganggu
siswa-siswa lain secara fisik.
4.
Mengunakan
HP tidak pada waktunya dan bukan digunakan untuk literasi.
5.
Mencoret-coret.
6.
Tiduran.
7.
Jalan-jalan.
Bandung, Oktober 2017
Observer
(____________________)
No comments:
Write komentar