DOWNLOAD DISINI UNTUK TAMPILAN YANG LEBIH RAPIH
RPP BIOLOGI LENGKAP, RPP KEANEKARAGAMAN HAYATI, RPP RUANG LINGKUP BIOLOGI, RPP 5 KINGDOM, RPP VIRUS, RPP PROTISTA, RPP FUNGI, RPP PLANTAE, RPP ANIMALIA, RPP EKOSISTEM, RPP, RPP KERUSAKAN LINGKUNGAN, RPP BIOLOGI KELAS XI LENGKAP, RPP SEL, RPP TRANSFOR MEMBRAN, RPP JARINGAN
DOWNLOAD PADA MENU BAR MASING_MASING DENGAN MUDAH
RPP BIOLOGI LENGKAP, RPP KEANEKARAGAMAN HAYATI, RPP RUANG LINGKUP BIOLOGI, RPP 5 KINGDOM, RPP VIRUS, RPP PROTISTA, RPP FUNGI, RPP PLANTAE, RPP ANIMALIA, RPP EKOSISTEM, RPP, RPP KERUSAKAN LINGKUNGAN, RPP BIOLOGI KELAS XI LENGKAP, RPP SEL, RPP TRANSFOR MEMBRAN, RPP JARINGAN
DOWNLOAD PADA MENU BAR MASING_MASING DENGAN MUDAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri
Kelas /
Semester : XI IPA / 2
(Genap)
Mata Pelajaran : Biologi
Topik : Sistem Pertahanan Tubuh
Pertemuan
Ke- : 1 (Pertama)
Alokasi Waktu : 1 x 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti :
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ penyusun sistem dan
bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.
1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati
bioproses.
1.3
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan
menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengalaman ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,
dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong
royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis,
responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan
dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan
prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan
sekitar.
3.14 Mengaplikasikan
pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas
hidup manusia dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program immunisasi
sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh.
4.16 Menyajikan
data jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif) dan jenis penyakit yang
dikendalikannya.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
·
Menjelaskan fungsi sistem
immun tubuh
·
Mengidentifikasi
sistem pertahanan tubuh secara alami
·
Membedakan respon
immun non spesifik dan spesifik pada sistem immun tubuh
·
Mejelaskan
kelainan/penyakit pada sistem Immun tubuh
·
Mendeskripsikan
berbagai upaya untuk pencegahan penyakit
I.
Tujuan
Pembelajaran :
·
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai sistem immun, siswa dapat
menjelaskan fungsi sistem immun tubuh.
·
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai sistem immun, siswa dapat
mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara alami.
·
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai sistem immun, siswa dapat membedakan
respon immun non spesifik dan spesifik pada sistem immun tubuh.
·
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai sistem immun, siswa mejelaskan
kelainan/penyakit pada sistem Immun tubuh.
·
Setelah siswa
mendapatkan penjelasan dari guru mengenai sistem immun, siswa mendeskripsikan
berbagai upaya untuk pencegahan penyakit
Ø Karakter
siswa yang diharapkan :
·
Jujur
·
Kerja keras
·
Toleransi
·
Rasa ingin tahu
·
Komunikatif
·
Menghargai prestasi
·
Tanggung jawab
·
Peduli lingkungan
II.
Materi ajar :
·
Fungsi sistem imun
·
Antigen dan antibodi.
·
Pertahanan tubuh
alami
-
Pertahanan fisik
-
Pertahanan mekanik
-
Pertahanan kimia
-
Pertahanan biologis
·
Pertahanan tubuh oleh
sel darah putih
·
Respon imun
-
Respon imun
non-spesifik
-
Respon imun spesifik
·
Gangguan kekebalan
tubuh
III. Metode Pembelajaran :
·
Model : Role
Play
·
Metode : Ceramah,
Diskusi, Pengamatan
·
Pendekatan
pembelajaran : Scientific Appoach
IV. Kegiatan Pembelajaran / Langkah-Langkah
A.
Pendahuluan
(10 Menit)
·
Salam, Do’a, sebagai implementasi nilai religius
·
Pengkondisian kelas, sebagai implementasi nilai disiplin
·
Apersepsi, Motivasi,
Penyajian prasarat
·
Guru menentukan
kelompok pada siswa untuk melakukan kegiatan diskusi
B.
Kegiatan
Inti (70 Menit)
Mengamati
·
Membaca literatur
tentang penyebab HIV Aids dan penyerangan virus tersebut pada sistem
kekebalan.
Menanya
·
Mengapa sistem
kekebalan penting?
·
Proses apa yang
menyebabkan adanya kekebalan tubuh?
·
Komponen apa dalam
tubuh yang menyebabkan terjadinya kekebalan?
Mengumpulkan
Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·
Menemukan penerapan
istilah antigen dan antibodi melalui diskusi penularan virus influenza pada
diri seseorang.
·
Mengamati gambar atau
dari teks tentang struktur sel atau jaringan tubuh yang berkaitan dengan
sistem kekebalan tubuh.
·
Mengkaji literatur
untuk menemukan fungsi antigen dan antibodi bagi pertahanan tubuh, Mendiskusikannya dan membuat
kesimpulan tentang imunisasi dengan
proses terbentuknya kekebalan tubuh.
·
Mengkaji literatur untuk
menemukan fungsi antigen dan antibodi bagi pertahanan tubuh, Mendiskusikannya dan membuat
kesimpulan tentang imunisasi dengan proses
terbentuknya kekebalan tubuh.
·
Melakukan kegiatan role
play mengenai mekanisme pertahanan tubuh untuk memahami mekanisme sistem
pertahanan tubuh.
·
Melakukan kajian
literature, observasi lapangan (ke puskesmas, rumah sakit, dll) untuk
nmenemukan jenis, cara, dan tujuan dilakukan immunisasi pada anak-anak dan
atau orang dewasa.
·
Mengumpulkan informasi
tentang kelainan-kelainan yang berhubungan dengan sistem immune dari berbagai
sumber (alergi, peradangan, autoimmun, immunisasi, dan vaksinasi).
Mengasosiasikan
·
Manganalisis bahwa
terjadinya kekebalan tubuh dapat terjadi secara pasif dan aktif,
·
Menganalisis bahwa
terjadinya kekebalan karena bekerjanya jaringan tubuh yang berguna dalam
melawan benda asing yang masuk ke dalam tubuh.
·
Menyimpulkan bahwa
kekebalan tubuh dapat terganggu oleh berbagai sebab.
Mengkomunikasikan
·
Menjelaskan secara
lisan tentang istilah-istilah baru berkaitan dengan sistem kekebalan.
·
Menjelaskan secara
lisan tentang mekanisme terbentuknya sistem kekebalan dalam tubuh.
·
Menjelaskan bahwa sistem
kekebalan dapat terganggu akibat berbagai sebab.
C.
Penutup (10 Menit)
·
Guru memberikan soal
dan tugas / PR kepada siswa
·
Guru menginformasikan
materi yang akan dipelajari selanjutnya dan menutup pembelajaran
·
Refleksi / umpan
balik
V. Sumber / Bahan / Alat
Sumber :
1. Buku
biologi kelas XI, Diah Aryulina, ESIS
2. Buku
Biologi untuk SMA kelas XII, karangan
D.A Pratiwi, dkk, Erlangga.
Bahan :
1. Buku-buku
yang relevan
2. Berbagai informasi HIV
dan AIDS dari berbagai sumber
3. Film/Video yang
berhubungan dengan sistem immun
4. PPT (Power Point)
Alat :
1. Laptop
2. Infokus
VI. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
·
Bentuk
penilaian : Tugas Individu,
Tugas Kelompok, Penilaian Afektif, Penilaian
Psikomotorik dan Ulangan
·
Bentuk
Instrumen : Observasi,
Portofolio, Test tertulis ( Essay dan PG)
Ø Contoh
Instrument Test Tertulis (Essay)
1.
Sebutkan fungsi
sistem immun?
2.
Jelaskan perbedaan
antigen dan antibodi ?
3.
Jelaskan perbedaan
respon imun non-spesifik dan spesifik ?
4.
Sebutkan penyakit-penyakit
yang disebabkan oleh sistem immun ?
5.
Jelaskan mekanisme
peradangan ?
Ø Penilaian Afektif
Keterangan:
Skor
0 = tidak lengkap/tidak rapi/tidak ada kerja sama/kurang tepat waktu/kurang berpartisipasi
Skor 1 = kurang lengkap/kurang rapi/kurang ada kerja
sama/kurang tepat waktu/kurang berpartisipasi
Skor 2 = lengkap/ rapi/kerja sama
baik/tepat waktu/partisipasi baik
Jumlah skor maksimum = 10
Nilai yang dicapai =
Kriteria nilai: 90 − 100 =
A 50 −
60 =
C
70 − 80
= B kurang dari 50
= D
Ø Penilaian
Psikomotorik
Indikator
penilaian :
Skor 0 = tidak trampil menggunakan alat/tidak mengumpulkan
data /tidak ada pengolahan data/tidak melakukan presentasi/ tidak bertanya
Skor 1 = kurang trampil menggunakan alat/mengumpulkan data kurang lengkap /
pengolahan data kurang sempurna / kurang aktif dalam melakukan
presentasi/ jarang bertanya
Skor 2 = trampil menggunakan alat/ mengumpulkan data lengkap /ada pengolahan
data/presentasi baik/ sering bertanya
Jumlah skor
maksimum = 10
Nilai yang
dicapai =
|
No comments:
Write komentar