Saturday, 25 October 2014

RPP KURIKULUM 2013 : Sistem Imun / Pertahanan Tubuh




DOWNLOAD DISINI UNTUK TAMPILAN YANG LEBIH RAPIH


RPP BIOLOGI LENGKAP, RPP KEANEKARAGAMAN HAYATI, RPP RUANG LINGKUP BIOLOGI, RPP 5 KINGDOM, RPP VIRUS, RPP PROTISTA, RPP FUNGI, RPP PLANTAE, RPP ANIMALIA, RPP EKOSISTEM, RPP, RPP KERUSAKAN LINGKUNGAN, RPP BIOLOGI KELAS XI LENGKAP, RPP SEL, RPP TRANSFOR MEMBRAN, RPP JARINGAN

DOWNLOAD PADA MENU BAR MASING_MASING DENGAN MUDAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri
Kelas / Semester                      : XI IPA / 2 (Genap)
Mata Pelajaran            : Biologi
Topik                                       : Sistem Pertahanan Tubuh
Pertemuan Ke-                        : 1 (Pertama)
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 Menit

A.    Kompetensi Inti :
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar :
1.1         Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan,  organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.
1.2         Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3         Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengalaman ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2    Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
3.14 Mengaplikasikan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh.
4.16 Menyajikan data jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif) dan jenis penyakit yang dikendalikannya.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi :
·         Menjelaskan fungsi sistem immun tubuh
·         Mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara alami
·         Membedakan respon immun non spesifik dan spesifik pada sistem immun tubuh
·         Mejelaskan kelainan/penyakit pada sistem Immun tubuh
·         Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit

I.       Tujuan Pembelajaran :
·         Setelah siswa mendapatkan penjelasan dari guru mengenai sistem immun, siswa dapat menjelaskan fungsi sistem immun tubuh.
·         Setelah siswa mendapatkan penjelasan dari guru mengenai sistem immun, siswa dapat mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara alami.
·         Setelah siswa mendapatkan penjelasan dari guru mengenai sistem immun, siswa dapat membedakan respon immun non spesifik dan spesifik pada sistem immun tubuh.
·         Setelah siswa mendapatkan penjelasan dari guru mengenai sistem immun, siswa mejelaskan kelainan/penyakit pada sistem Immun tubuh.
·         Setelah siswa mendapatkan penjelasan dari guru mengenai sistem immun, siswa mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit


Ø  Karakter siswa yang diharapkan :
·         Jujur
·         Kerja keras
·         Toleransi
·         Rasa ingin tahu
·         Komunikatif
·         Menghargai prestasi
·         Tanggung jawab
·         Peduli lingkungan

II. Materi ajar :
·         Fungsi sistem imun
·         Antigen dan antibodi.
·         Pertahanan tubuh alami
-          Pertahanan fisik
-          Pertahanan mekanik
-          Pertahanan kimia
-          Pertahanan biologis
·         Pertahanan tubuh oleh sel darah putih
·         Respon imun
-          Respon imun non-spesifik
-          Respon imun spesifik
·         Gangguan kekebalan tubuh

III.  Metode Pembelajaran :
·         Model                                      : Role Play
·         Metode                                    : Ceramah, Diskusi, Pengamatan
·         Pendekatan pembelajaran     : Scientific Appoach


IV.  Kegiatan Pembelajaran / Langkah-Langkah
A.    Pendahuluan (10 Menit)
·         Salam, Do’a, sebagai implementasi nilai religius
·         Pengkondisian kelas, sebagai implementasi nilai disiplin
·         Apersepsi, Motivasi, Penyajian prasarat
·         Guru menentukan kelompok pada siswa untuk melakukan kegiatan diskusi

B.     Kegiatan Inti (70 Menit)
Mengamati
·         Membaca literatur tentang penyebab HIV Aids dan penyerangan virus tersebut pada sistem kekebalan.
Menanya
·         Mengapa sistem kekebalan penting?
·         Proses apa yang menyebabkan adanya kekebalan tubuh?
·         Komponen apa dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya kekebalan?
Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·         Menemukan penerapan istilah antigen dan antibodi melalui diskusi penularan virus influenza pada diri seseorang.
·         Mengamati gambar atau dari teks tentang struktur sel atau jaringan tubuh yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.
·         Mengkaji literatur untuk menemukan fungsi antigen dan antibodi bagi pertahanan tubuh,  Mendiskusikannya dan membuat kesimpulan  tentang imunisasi dengan proses terbentuknya kekebalan tubuh.
·         Mengkaji literatur untuk menemukan fungsi antigen dan antibodi bagi pertahanan tubuh,  Mendiskusikannya dan membuat kesimpulan  tentang imunisasi dengan proses terbentuknya kekebalan tubuh.
·         Melakukan kegiatan role play mengenai mekanisme pertahanan tubuh untuk memahami mekanisme sistem pertahanan tubuh.
·         Melakukan kajian literature, observasi lapangan (ke puskesmas, rumah sakit, dll) untuk nmenemukan jenis, cara, dan tujuan dilakukan immunisasi pada anak-anak dan atau orang dewasa.
·         Mengumpulkan informasi tentang kelainan-kelainan yang berhubungan dengan sistem immune dari berbagai sumber (alergi, peradangan, autoimmun, immunisasi, dan vaksinasi).
Mengasosiasikan
·         Manganalisis bahwa terjadinya kekebalan tubuh dapat terjadi secara pasif dan aktif,
·         Menganalisis bahwa terjadinya kekebalan karena bekerjanya jaringan tubuh yang berguna dalam melawan benda asing yang masuk ke dalam tubuh.
·         Menyimpulkan bahwa kekebalan tubuh dapat terganggu oleh berbagai sebab.
Mengkomunikasikan
·         Menjelaskan secara lisan tentang istilah-istilah baru berkaitan dengan sistem kekebalan.
·         Menjelaskan secara lisan tentang mekanisme terbentuknya sistem kekebalan dalam tubuh.
·         Menjelaskan bahwa sistem kekebalan dapat terganggu akibat berbagai sebab.

C.   Penutup (10 Menit)
·         Guru memberikan soal dan tugas / PR kepada siswa
·         Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya dan menutup pembelajaran
·         Refleksi / umpan balik

V.  Sumber / Bahan / Alat
Sumber :
1.      Buku biologi kelas XI, Diah Aryulina, ESIS
2.      Buku Biologi untuk SMA  kelas XII, karangan D.A Pratiwi, dkk, Erlangga.
Bahan :
1.      Buku-buku yang relevan
2.      Berbagai informasi HIV dan AIDS dari berbagai sumber
3.      Film/Video yang berhubungan dengan sistem immun
4.      PPT (Power Point)
Alat :
1.      Laptop
2.      Infokus
VI.  Penilaian Proses dan Hasil Belajar
·         Bentuk penilaian         : Tugas Individu, Tugas Kelompok, Penilaian Afektif, Penilaian     
                                          Psikomotorik dan Ulangan
·         Bentuk Instrumen       : Observasi, Portofolio, Test tertulis ( Essay dan PG)

Ø  Contoh Instrument Test Tertulis (Essay)
1.      Sebutkan fungsi sistem immun?
2.      Jelaskan perbedaan antigen dan antibodi ?
3.      Jelaskan perbedaan respon imun non-spesifik dan spesifik ?
4.      Sebutkan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh sistem immun ?
5.      Jelaskan mekanisme peradangan ?

Ø  Penilaian Afektif 
No
Nama
      Aspek yang dinilai
skor
Nilai
Ketrampilan bertanya
Ketrampilan berkomuni
kasi
Kerja sama
Ketepatan waktu
Partisipasi
0
1
2
0
1
2
0
1
2
0
1
2
0
1
2


1


















2


















3


















4



















Keterangan:
Skor 0 = tidak lengkap/tidak rapi/tidak ada kerja sama/kurang tepat  waktu/kurang berpartisipasi
Skor 1 = kurang lengkap/kurang rapi/kurang ada kerja sama/kurang tepat waktu/kurang berpartisipasi
Skor 2 = lengkap/ rapi/kerja sama baik/tepat waktu/partisipasi baik
Jumlah skor maksimum = 10
Nilai yang dicapai =
Kriteria nilai: 90 − 100   =   A                       50 − 60              =  C
            70 −  80    =    B                     kurang dari 50   =  D

Ø  Penilaian Psikomotorik

          No
Nama
Siswa
      Aspek yang dinilai
skor
Nilai
Ketrampilan  menggunakan alat
Ketrampilan pengumpulan data
Ketrampilan pengolahan data
Keterampilan presentasi
Ketrampilan bertanya
0
1
2
0
1
2
0
1
2
0
1
2
0
1
2


1


















2


















3


















4



















Indikator penilaian :
Skor 0 = tidak trampil menggunakan alat/tidak mengumpulkan data /tidak ada pengolahan data/tidak melakukan presentasi/ tidak bertanya
Skor 1 = kurang trampil menggunakan alat/mengumpulkan data kurang lengkap / pengolahan data kurang sempurna / kurang aktif dalam melakukan presentasi/  jarang  bertanya
Skor 2 = trampil menggunakan alat/ mengumpulkan data lengkap /ada pengolahan data/presentasi baik/ sering bertanya
Jumlah skor maksimum = 10
Nilai yang dicapai =


             






No comments:
Write komentar