RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri
Kelas /
Semester : XI IPA / 2
(Genap)
Mata Pelajaran : Biologi
Topik :
Sistem Koordinasi
Pertemuan
Ke- : 1 (Pertama)
Alokasi Waktu : 1 x 45 Menit
I. Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkunga sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan , peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrretdan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
3.1 Menganalisis hubungan antara struktur
jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya dengan proses
koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon dalam mekanisme
koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem
koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan
simulasi.
III.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menjelaskan
bagian-bagian saraf pada mahkluk hidup
sehingga siswa dapat mengagumi
keteraturan ciptaan tuhan
·
Menjelaskan
peranan saraf dalam mekanisme koordinasi dan regulasi sehingga siswa dapat
mengagumi keteraturan kompleksitas ciptaan tuhan
·
Menjelaskan
hormon yang terdapat pada mahluk hidup
·
Menjelaskan
fungsi hormon pada mahkluk hidup dan cara kerjanya
·
Menjelaskan
bagian bagian sistem indera pada mahkluk hidup
·
Menjelaskan
peranan sistem indera dalam mekanisme koordinasi dan regulasi
·
Menyimpulkan
gangguan fungsi sistem saraf, sistem endokrin, dan sistem indera yang mungkin
terjadi pada sistem koordinasi manusia sehingga siswa dapat mensyukuri ciptaan
tuhan
IV. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
dapat menjelaskan bagian-bagian saraf pada mahkluk hidup melalui gambar
·
Siswa
dapat menjelaskan peranan saraf dalam
mekanisme koordinasi dan regulasi melalui diskusi
·
Siswa
dapat menjelaskan hormon yang terdapat pada mahluk hidup
·
Siswa
dapat menjelaskan fungsi hormon pada mahkluk hidup dan cara kerjanya
·
Siswa
dapat menjelaskan bagian bagian sistem indera pada mahkluk hidup
·
Siswa
dapat menjelaskan peranan sistem indera dalam mekanisme koordinasi dan regulasi
·
Siswa
dapat menyimpulkan gangguan fungsi sistem saraf saraf, sistem endokrin, dan
sistem indera yang mungkin terjadi pada sistem melalui diskusi
Ø
Karakter
siswa yang diharapkan:
a. Berfikir kreatif
b. Jujur
c. Kritis dan logis
d. Bekerjasama
e. Bertanggung jawab
f. Religius
V.
Materi Ajar
·
Bagian-bagian
saraf
·
Mekanisme
koordinasi sistem saraf
·
Sistem
Endokrin
·
Sistem
Indera
·
Gangguan
dan kelainan pada sistem koordinasi
VI.
Metode Pembelajaran
Metode : Cooperative Learning
Model :
Make a match
VII.
Kegiatan Pembelajaran
A. Pendahuluan
·
Salam,
doa sebagai salah satu implementasi nilai
religius
·
Pengkondisian
kelas
·
Apersepsi
dan motivasi
·
Penyajian
tujuan belajar
B. Kegiatan
Inti
a. Mengamati
·
Membaca
buku teks mengenai sistem saraf
·
Mengamati
gambar foto
b. Menanya
·
Sebutkan
bagian-bagian dari sel saraf
·
Jelaskan
meknisme gerak refleks
·
Sebutkan
macam-macam gangguan saraf
c. Mengumpulkan data
·
Mendiskusikan
bagian-bagian dari sel saraf dan fungsinya
·
Mendiskusikan
mekanisme koordinasi sistem saraf
·
Mendiskusikan
gangguan-gangguan pada sistem saraf
d. Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan
penyebab dari berbagai macam gangguan
pada sistem saraf
e. Mengkomunikasikan
·
Melaporkan
hasil diskusi kelompok mengenai sistem saraf
C. Penutup
·
Guru
memberikan soal dan tugas kepada siswa
·
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari
selanjutnya dan menutup pelajaran
·
Refleksi/
umpan balik
VIII.
Sumber/ Bahan/ Alat
a. Sumber
1. Buku Biologi Kelas XI
2. Esiklopedia dan teks book atau buku referensi
yang menunjang
b. Bahan
1. Soal untuk diskusi kelompok
2. Kartu biologi untuk pembelajaran
c. Alat
1. Laptop
2. Infocus
IX.
Penilaian
A. Tugas
·
Laporan
jawaban hasil diskusi
B. Observasi
·
Pengamatan
sikap ilmiah dalam diskusi kelompok
·
Pengamatan
menilai kerjasama kelompok dalam diskusi
·
Observasi
sikap dan performa dalam pembelajarran
C. Portofolio
·
Laporan
hasil diskusi
D. Tes
·
Tes
tertulis untuk menilai pemahaman dan kedalaman konsep
No comments:
Write komentar