Sunday 4 February 2018

Instrumen Penilaian Kognitif Virus

DOWNLOAD DISINI UNTUK TAMPILAN YANG LEBIH RAPIH

ANALISIS PENILAIAN
A.     IDENTITAS
Satuan Pendidikan         : SMA
Mata Pelajaran               : Biologi
Kelas/Semester              : X/1
Materi Pokok                  : Virus

B.     KOMPETENSI DASAR
3.4 Menganalisis struktur dan replikasi, serta peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
4.4 Melakukan kampanye  tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya melalui berbagai media informasi.

C.      ANALISIS DAN RUBRIK JAWABAN
Indikator
Bentuk Soal
Tk. Ranah Kognitif
Jawaban
3.4.1        Mengidentifikasi struktur virus
1.      Perhatikan gambar berikut!
[gambar sel dan gambar virus]
Perbedaan yang mendasari sel dan virus pada gambar tersebut adalah ….
A.      Virus tidak memiliki organel
B.      Virus tidak memiliki membrane sel
C.      Virus hanya terdiri dari materi genetic dan kapsid
D.     Virus hanya memiliki membrane sel
E.      Virus hanya memiliki inti sel dan selubung membran
C1-faktual
C
3.4.2        Membedakan struktur virus berdasarkan materi genetic dan selubung
2.      Perhatikan gambar berikut!
[gambar tiga virus berselubung dan dua virus telanjang]
Berdasarkan gambar di atas, kita dapat mengelompokkan virus berdasarkan ada tidaknya selubung membrane. Virus yang termasuk virus berselubung adalah ….
A.      1, 2, 3                                    D. 1, 3, 5
B.      1, 2, 4                                    E. 1, 4, 5
C.      1, 2, 5
C2-konseptual

3.4.3        Menganalisis replikasi virus
3.      Perhatikan gambar berikut untuk seoal nomor 3 dan 4!
[gambar replikasi virus litik dan lisogenik]
Perbedaan yang paling mendasar pada kedua jenis replikasi virus tersebut adalah ….
A.      Daur litik selalu ditandai pecahnya sel
B.      Daur litik selalu menghasilkan profage
C.      Daur litik selalu melakukan pembelahan sel
D.     Daur lisogenik tidak dapat melakukan daur litik
E.      Daur lisogenik dapat menginfeksi sel lain
C4- konseptual
A
3.4.4        Mengurutkan replikasi virus secara litik dan lisogenik

4.      Urutan replikasi virus secara litik adalah ….
A.      Adsorpsi, perakitan, penetrasi, lisis
B.      Adsorpsi, penetrasi, perakitan, lisis
C.      Penetrasi, adsorpsi, perakitan, lisis
D.     Penetrasi, perakitan, adsorpsi, lisis
E.      Perakitan, adsorpsi, penetrasi, lisis

5.      Berikut ini adalah tahapan replikasi virus.
1)     Penetrasi                              5) Terbentuk profage
2)     Perakitan                              6) Litik
3)     Adsorpsi                               7) Lepasnya profage
4)     Reproduksi sel
Urutan replikasi virus secara lisogenik adalah ….
A.      3)-1)-2)-7)-6)
B.      3)-1)-2)-4)-7)
C.      3)-1)-5)-4)-7)
D.     3)-1)-5)-4)-6)
E.      3)-1)-6)-5)-7)
C1-konseptual
B






C
Tes Uraian
Indikator
Bentuk soal
Tk, Ranah Kognitif
Jawaban
Rubrik
3.4.5        Membagankan replikasi virus secara litik dan lisogenik
Setelah mengamati video tentang replikasi virus, buatlah bagan yang mencakup relikasi virus secara litik dan lisogenik!
C4-konseptual
-          Gambar jelas
-          Tahapan benar
-          Diberi keterangan
-          Diberi judul
4 jika empat kriteria muncul
3 jika tiga kriteria muncul
2 jika dua kriteria muncul
1 jika satu kriteria muncul
3.4.6        Mengaitkan replikasi virus dan peranannya dalam kesehatan
Setelah melihat tayangan video replikasi virus, tuliskan peranan virus dalam bidang kesehatan!
C2-konseptual
-          Membuat vaksin
-          Membuang materi genetic virus dijadikan vaksin
2 jika dua kriteria muncul
1 jika satu kriteria muncul
3.4.7        Membandingkan virus yang dapat dibuat vaksin dan virus yang tidak dapat dibuat vaksin
Berdasarkan hasil pengamatanmu terhadap video beragam virus (virus influenza, virus HIV, virus cacar, virus tetanus, dan virus difteri) apa perbedaan dari virus-virus tesebut?
C2-konseptual
-          Virus influenza dan virus HIV tidak dapat dibuat vaksin
-          Karena protein yang menempel pada reseptor sel selalu beruabah
-          Virus cacar, virus tetanus dan virus diftri dapat dijadikan vaksin
3 jika tiga kriteria muncul
2 jika dua kriteria muncul
1 jika satu kriteria muncul
4.4.1        Mengriktik langkah pencegahan atau pegobatan penyakit yang disebabkan virus
Seorang anak mengalami gejala sebegai berikut:
Demam, pusing, muncul bercak merah pada kulit, muncul lenting berisi cairan yang terasa gatal dan perih.
Kemudian ibunya memberikan Amoxicillin, setelah tiga hari tidak ada tanda-tanda penyembuhan dari si anak. Si ibu meningkatkan dosis antibiotic tersebut. Sudah tepatkah yang ibu tersebut lakukan?
C5-konseptual
-          Tidak tepat
-          Ciri yang ditunjukkan adalah penyakit cacar air
-          Cacar air disebabkan virus
-          Virus tidak dapat mati oleh antibiotic seperti Amoxicillim

4 jika empat kriteria muncul
3 jika tiga kriteria muncul
2 jika dua kriteria muncul
1 jika satu kriteria muncul


No comments:
Write komentar