DOWNLOAD DISINI UNTUK TAMPILAN YANG LEBIH RAPIH
ANALISIS
PENILAIAN
A. IDENTITAS
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Virus
B. KOMPETENSI
DASAR
3.4 Menganalisis
struktur dan replikasi, serta peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
4.4 Melakukan kampanye tentang
bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat
virulensinya melalui berbagai media informasi.
C. ANALISIS
DAN RUBRIK JAWABAN
Indikator
|
Bentuk
Soal
|
Tk. Ranah Kognitif
|
Jawaban
|
3.4.1
Mengidentifikasi
struktur virus
|
1.
Perhatikan
gambar berikut!
[gambar sel dan gambar virus]
Perbedaan yang mendasari sel dan
virus pada gambar tersebut adalah ….
A.
Virus tidak
memiliki organel
B.
Virus tidak
memiliki membrane sel
C.
Virus hanya
terdiri dari materi genetic dan kapsid
D.
Virus hanya
memiliki membrane sel
E.
Virus hanya
memiliki inti sel dan selubung membran
|
C1-faktual
|
C
|
3.4.2
Membedakan
struktur virus berdasarkan materi genetic dan selubung
|
2.
Perhatikan
gambar berikut!
[gambar tiga virus berselubung
dan dua virus telanjang]
Berdasarkan gambar di atas, kita
dapat mengelompokkan virus berdasarkan ada tidaknya selubung membrane. Virus
yang termasuk virus berselubung adalah ….
A.
1, 2, 3 D. 1, 3, 5
B.
1, 2, 4 E. 1, 4, 5
C.
1, 2, 5
|
C2-konseptual
|
|
3.4.3
Menganalisis
replikasi virus
|
3.
Perhatikan
gambar berikut untuk seoal nomor 3 dan 4!
[gambar replikasi virus litik
dan lisogenik]
Perbedaan yang paling mendasar
pada kedua jenis replikasi virus tersebut adalah ….
A.
Daur litik
selalu ditandai pecahnya sel
B.
Daur litik
selalu menghasilkan profage
C.
Daur litik
selalu melakukan pembelahan sel
D.
Daur
lisogenik tidak dapat melakukan daur litik
E.
Daur
lisogenik dapat menginfeksi sel lain
|
C4- konseptual
|
A
|
3.4.4
Mengurutkan
replikasi virus secara litik dan lisogenik
|
4.
Urutan
replikasi virus secara litik adalah ….
A.
Adsorpsi,
perakitan, penetrasi, lisis
B.
Adsorpsi,
penetrasi, perakitan, lisis
C.
Penetrasi,
adsorpsi, perakitan, lisis
D.
Penetrasi,
perakitan, adsorpsi, lisis
E.
Perakitan,
adsorpsi, penetrasi, lisis
5.
Berikut ini
adalah tahapan replikasi virus.
1)
Penetrasi 5) Terbentuk
profage
2)
Perakitan 6) Litik
3)
Adsorpsi 7) Lepasnya
profage
4)
Reproduksi
sel
Urutan replikasi virus secara
lisogenik adalah ….
A.
3)-1)-2)-7)-6)
B.
3)-1)-2)-4)-7)
C.
3)-1)-5)-4)-7)
D.
3)-1)-5)-4)-6)
E.
3)-1)-6)-5)-7)
|
C1-konseptual
|
B
C
|
Tes Uraian
Indikator
|
Bentuk soal
|
Tk, Ranah Kognitif
|
Jawaban
|
Rubrik
|
3.4.5
Membagankan
replikasi virus secara litik dan lisogenik
|
Setelah mengamati video tentang
replikasi virus, buatlah bagan yang mencakup relikasi virus secara litik dan
lisogenik!
|
C4-konseptual
|
-
Gambar jelas
-
Tahapan benar
-
Diberi keterangan
-
Diberi judul
|
4 jika empat kriteria muncul
3 jika tiga kriteria muncul
2 jika dua kriteria muncul
1 jika satu kriteria muncul
|
3.4.6
Mengaitkan
replikasi virus dan peranannya dalam kesehatan
|
Setelah melihat tayangan video
replikasi virus, tuliskan peranan virus dalam bidang kesehatan!
|
C2-konseptual
|
-
Membuat vaksin
-
Membuang materi genetic virus dijadikan
vaksin
|
2 jika dua kriteria muncul
1 jika satu kriteria muncul
|
3.4.7
Membandingkan
virus yang dapat dibuat vaksin dan virus yang tidak dapat dibuat vaksin
|
Berdasarkan hasil pengamatanmu
terhadap video beragam virus (virus influenza, virus HIV, virus cacar, virus
tetanus, dan virus difteri) apa perbedaan dari virus-virus tesebut?
|
C2-konseptual
|
-
Virus influenza dan virus HIV tidak dapat
dibuat vaksin
-
Karena protein yang menempel pada
reseptor sel selalu beruabah
-
Virus cacar, virus tetanus dan virus
diftri dapat dijadikan vaksin
|
3 jika tiga kriteria muncul
2 jika dua kriteria muncul
1 jika satu kriteria muncul
|
4.4.1
Mengriktik
langkah pencegahan atau pegobatan penyakit yang disebabkan virus
|
Seorang anak mengalami gejala
sebegai berikut:
Demam, pusing, muncul bercak
merah pada kulit, muncul lenting berisi cairan yang terasa gatal dan perih.
Kemudian ibunya memberikan
Amoxicillin, setelah tiga hari tidak ada tanda-tanda penyembuhan dari si
anak. Si ibu meningkatkan dosis antibiotic tersebut. Sudah tepatkah yang ibu
tersebut lakukan?
|
C5-konseptual
|
-
Tidak tepat
-
Ciri yang ditunjukkan adalah penyakit
cacar air
-
Cacar air disebabkan virus
-
Virus tidak dapat mati oleh antibiotic
seperti Amoxicillim
|
4 jika empat kriteria muncul
3 jika tiga kriteria muncul
2 jika dua kriteria muncul
1 jika satu kriteria muncul
|
No comments:
Write komentar