I.
Identitas
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran :
Biologi
Pokok
Bahasan : Ruang
Lingkup Biologi
Topik : Permasalahan
Biologi dan Metode Ilmiah
Kelas : X/ 1
Alokasi
waktu : 4 x 45
Menit
II. Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktifdan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejInuyashaan, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
III.
Kompetensi
Dasar (KD)
3.1 Memahami
tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai objek biologi dan
tingkat organisasi kehidupan), metode
ilmiah dan prinsip keselamatan kerja
berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Menyajikan
data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi
kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja
serta menyajikannya dalam
berbagai
bentuk media
IV. Indikator, Tujuan Pembelajaran Khusus, Analisis
materi
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran Khusus (TPK)
|
Analisis Materi
|
3.1.1
Mengidentifikasi
tingkat organisasi kehidupan.
|
§ Setelah
mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi
tingkat organisasi kehidupan dari sel sampai biosfer.
|
Organisasi
kehidupan dimula dari, sel, jaringan, organ, system organ, organisme,
populasi, komunitas, ekosistem, biosfer.
|
3.1.2
Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu dalam biologi
|
§ Setelah
melakuakan studi pustaka siswa dapat Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu
dalam biologi minimal 5
|
Cabang-cabang biologi adalah ilmu-ilmu yang dikembangkan dari bidang biologi. Contohnya Zoologi, Morfologi, Botani, Genetika, dll
|
3.1.3
Merumuskan masalah berdasarkan fenomena
permasalahan biologi pada berbagai obyek biologi dalam organisasi kehidupan
|
§ Setelah
mengamati fenomena permasalahan berbagai objek biologi melalui tayangan
slide, siswa dapat merumuskan masalah berdasarkan fenomena permasalahan
biologi pada obyek biologi dalam
organisasi kehidupan minimal 2 tingkat organisme..
|
Pengertian Rumusan Masalah adalah usaha
untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan penelitian apa saja yang perlu
dijawab atau dicarikan jalan pemecahan masalahnya
|
3.1.4
Merumuskan hipotesis permasalahan biologi pada
berbagai obyek biologi dalam organisasi kehidupan berdasarkan fenomena yang
diamati
|
§ Setelah
merumuskan masalah dari fenomena biologi yang diamati, siswa dapat merumuskan
hipotesis permasalahan biologi pada obyek biologi dalam organisasi kehidupan
berdasarkan fenomena yang diamati minimal 2.
|
Hipotesis adalah
dugaan sementara tentang suatu hal yang bersifat sementara dan belum
dibuktikan kebenarannya secara empiris dan ilmiah.
|
3.1.5
Mengidentifikasi variabel berdasarkan hipotesis
|
§ Setelah
melakukan diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi variable berdasarkan
hipotesis yang telah dibuat dengan benar.
|
Suharsimi Arikunto
(1998:99) variabel
penelitian adalah objekpenelitian,
atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian
|
3.1.6
Menjelaskan prinsip keselamatan kerja
berdasarkan pengamatan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
§ Setelah
mengamati gambar dan video siswa dapat Menjelaskan prinsip keselamatan kerja
berdasarkan pengamatan dalam labolatorium..
|
Meliputi tata tertib keselamatan
kerja, Alat keselamatan kerja, memahami symbol keselamtan kerja, cara
memindahkan bahan kimia, pembuangan limbah dan penanganna kecelakanan
laboratorium.
|
4.1.1
Membuat laporan tertulis tentang objek
permasalahan biologi pada tingkatan
organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan
aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam bentuk laporan tertulis
|
• Setelah
melakukan pengamatan permasalahan biologi siswa dapat membuat satu laporan
tertulis objek permasalahan biologi pada berbagai tingkatan
organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan
aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam bentuk laporan tertulis
|
Laporan tertulis pada LKPD mengenai
pengamatan kandungan vitamin c pada beberapa makanan.
|
V. Metode, Pendekatan, Sumber dan Media
Pembelajaran
a. Metode : Diskusi,
Praktikum
b. Pendekatan : Saintifik
c. Sumber
Pelajaran
1.Untuk
Siswa :Karmana, Oman.
2008. Cerdas Belajar Biologi. Grafindo
Media Pratama:Bandung
2.
Untuk Guru : Campbell,
N. et al. 2008. Biologi. Erlangga:
Jakarta
d. Media
Pembelajaran :
-
Lembar Kerja Peserta Didik (LKS)
-
Powerpoint.
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
1.
Kegiatan
|
Tahapan Pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Pendahuluan
|
·
Apersepsi. Guru menampilkan slide foto
1.
Individu dengan penyakit kulit
2.
Bunga mawar Pink yang indah
3.
Kumpulan gajah masuk ke perkampungan.
Dengan
pertanyaan-pertanyaan. Bagaimana itu dapat terjadi ?
·
Guru mengaitkan pertanyaan tersebut dengan materi
yang akan dipelajari.
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengobservasi
|
·
Guru membagi peserta didik menjadi 6 kelompok.
·
Guru memberikan LKDP pada masing-masing kelompok.
·
Siswa memperlihatkan perbedaan daun kastuba dan
daun hijau biasa yang disediakan oleh guru.
|
5 menit
5 menit
20 menit
|
Menanya
|
·
Siswa dimotivasi agar dapat membuat pertanyaan
mengenai perbedaan tersebut.
·
Siswa menuliskan pertanyaan yang telah dibuat pada
LKS
|
||
Mengumpulkan data
|
·
Siswa berdikusi secara berkelompok, mengumpulkan
data dari buku atau internet.
|
||
Mengasosiasi
|
·
Siswa dengan bantuan guru mendiskusikan temuan data atau
literasi untuk menjawab soal-soal.
|
15 menit
|
|
Mengkomunikasikan
|
·
Masing masing kelompok mempresentasikan temuannya
didepan kelas.
|
20 Menit
|
|
Penutup
|
·
Guru bersama
siswa mereview hasil pembelajaran yang sudah mereka pelajari hari ini
·
Guru memberikan
penghargaan bagi siswa atau kelompok yang berkinerja baik dan
memotivasi kelompok yang lain.
·
Guru memberikan informasi mengenai apa yang akan
dipelajar pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru memberi salam penutup dan mengakhiri
pembelajaran
bersama-sama siswa dengan mengucapkan hamdalah
|
15 menit
|
Pertemuan
2.
Kegiatan
|
Tahapan Pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Pendahuluan
|
·
Apersepsi. Guru menampilkan slide foto
1.
Bibir pecah-pecah
2.
UC 100 Cc
3.
Pulpy Orange.
·
Guru mengaitkan pernyataan tersebut dengan materi
yang akan dipelajari.
·
Guru memotivasi siswa agar tetap menjaga asupan
vitamin c di tubuh
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengobservasi
|
·
Guru menampilkan slide langkah langkah metode
penelitian.
·
Guru membagi peserta didik menjadi 6 kelompok.
·
Guru memberikan LKDP pada masing-masing kelompok.
|
5 menit
5 menit
20 menit
|
Menanya
|
·
Siswa membuat rumusan masalah, tujuan penelitian
danhipotesis,
|
||
Melakukan
Percobaan
|
·
Siswa melakukan perccobaan untuk mengamati
berbagai makanan yang ,engandung vitamin C
|
||
Mengasosiasi
|
·
Siswa dengan bantuan guru mendiskusikan temuan data atau
literasi untuk menjawab soal-soal.
|
15 menit
|
|
Mengkomunikasikan
|
·
Masing masing kelompok mempresentasikan temuannya
didepan kelas.
|
20 Menit
|
|
Penutup
|
·
Guru bersama
siswa mereview hasil pembelajaran yang sudah mereka pelajari hari ini
·
Guru memberikan
penghargaan bagi siswa atau kelompok yang berkinerja baik dan
memotivasi kelompok yang lain.
·
Guru memberikan informasi mengenai apa yang akan
dipelajar pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru memberi salam penutup dan mengakhiri
pembelajaran
bersama-sama siswa dengan mengucapkan hamdalah
|
15 menit
|
VII.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1. Teknik
Penilaian
a)
Penilaian Pengetahuan : Tes uraian :
Terstruktur
b)
Penilaian sikap : Observasi/pengamatan
c)
Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja dan
produk
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
Assesment Kognitif Ruang Lingkup Biologi
No
|
Indikator
|
Soal
|
Ranah
|
1.
|
Mengidentifikasi tingkat organisasi kehidupan
|
Perhatikan gambar berikut.
Jika pada suatu daerah terus
mengalami peningkatan jumlah manusia akan terjadi dampak negative. Pada
tingkat organisasi kehidupan manakah yang paling berpengaruh ? Mengapa
demikian.
|
C-4 - Metakognitif
|
2.
|
Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu dalam
biologi dalam kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
|
Sebuah desa di Kab. Lamongan
terserang binatang yang diidentifikasi adalah tomket. Para penduduk
mengherankan kejadian tersebut dikarenakan jumlahnya sangat banyak. Jika
dikaitkan dengan biologi, cabang Biologi manakah yang dapat kita pelajari
untuk mencegah terjadinya hal tersebut dan tidak merugikan masyarakat.
|
C-3. Konseptual
|
3.
|
Merumuskan masalah berdasarkan fenomena
permasalahan biologi pada berbagai obyek biologi dalam organisasi kehidupan
|
Pak Fahmi akan melakukan sebuah
penelitian ilmiah untuk mencari tahu pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk urea
terhadap pertumbuhan tanaman tomat. Coba anda tentukan Rumusan masalah pada
rencana penelitian tersebut …
|
C-3. Prosedural
|
4.
|
1. Merumuskan
hipotesis permasalahan biologi pada berbagai obyek biologi dalam organisasi
kehidupan berdasarkan fenomena yang diamati
2. Mengidentifikasi
variabel berdasarkan hipotesis
|
Jika pada soal no 3 sudah ditentukan
rumusan masalahnya tentukan hipotesis dan variabelnya.
|
C-3. Prosedural
|
5.
|
Menjelaskan prinsip keselamatan kerja
berdasarkan pengamatan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Apa yang akan kalian lakukan ketika
pada sebuah praktikum yang memerukan keselamatan tinggi ternyata jas lab,
masker dan sarung tangan kalian tertinggal dirumah. Apa solusinya ….
|
C-2.
Metakognitif
|
6.
|
Menjelaskan dampak perkembangan ilmu biologi
|
Jelaskan masing-masing 1 dampak
negatif dan positif dari perkembangan ilmu biologi.
|
C-2. Konseptual
|
Lembar
Pengamatan Sikap
1.) Pengamatan
perilaku ilmiah
No
|
Nama
Siswa
|
Rasa ingin tahu
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
Ketekunan dan tanggung
jawab dalam belajardan bekerja
|
Keterampilan
berkomunikasi saat diskusi
|
Jumlah
|
||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
Rubrik
penilaian perilaku
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Rasa
ingin tahu
|
3: menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan
rasa ingin tahu namun tidak antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan
antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
3: mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2: mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1: mengamati hasil
percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3: tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat
waktu
2: berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
1: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Keterampilan
berkomunikasi saat melaksanakan diskusi
|
3: aktif dalam
tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa
lain
2: aktif dalam
tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat
siswa lain
1: aktif dalam tanya
jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat
siswa lain
|
Penilaian keterampilan (Diskusi)
Instrumen
penilaian Diskusi : Digunakan untuk
menilai kegiatan diskusi peserta didik
Lembar Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Mengkomunikasikan hasil pengamatan
|
|
2
|
Mengusulkan
pendapat atau beragumentasi pada saat diskusi
|
|
3
|
Mengajukan
pertanyaan pada saat diskusi
|
|
4
|
Menjawab
pertanyaan pada saat diskusi
|
Rubrik Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Mengkomunikasikan
hasil pengamatan
|
4
|
Penyampaian
mudah dipahami, komunikatif dengan audiens, dan memberi waktu audiens untuk
berfikir
|
3
|
Penyampaian mudah dipahami, komunikatif
dengan audiens, dan kurang memberi waktu audiens untuk berfikir
|
||
2
|
Penyampaian kurang mudah dipahami,
kurang komunikatif dengan audiens, dan kurang memberi waktu audiens untuk
berfikir
|
||
1
|
Penyampaian tidak mudah dipahami, tidak
komunikatif dengan audiens, dan tidak
memberi waktu audiens untuk berfikir
|
||
2
|
Mengusulkan pendapat atau beragumentasi pada
saat diskusi
|
4
|
Berpendapat atau
beragumentasi sesuai dengan topic materi diskusi dan rasional (minimal 2 kali
berargumen)
|
3
|
Berpendapat atau
beragumentasi sesuai dengan topic materi diskusi dan rasional (minimal 1 kali
berargumen)
|
||
2
|
Berpendapat atau
berargumentasi tetapi tidak sesuai dengan topik materi
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk berargumen
|
||
3
|
Mengajukan pertanyaan pada saat diskusi
|
4
|
Pertanyaan
menunjukkan pemahaman dengan kejelian terhadap materi yang dipelajari:
analisis hasil observasi atau penafsiran dari hasil observasi
|
3
|
Pertanyaan
menunjukkan kemampuan berfikir yang sangat tepat: merupakan hasil observasi ,
mengarah pada hasil observasi, atau bersifat rasional
|
||
2
|
Pertanyaan
kurang mengarah pada topik materi pembahasan baik hasil observasi, analisis,
atau pembahasan materi yang terkait
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk bertanya
|
||
4
|
Menjawab pertanyaan pada saat diskusi
|
4
|
Dalam menjawab
pertanyaan disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan baik
pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
3
|
Dalam menjawab
pertanyaan kurang disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan
baik pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
||
2
|
Dalam menjawab
pertanyaan tidak disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan
baik pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk menjawab pertanyaan diskusi
|
Penilaian Sikap Sosial
(Pengamatan)
Digunakan untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam hal berperilaku ilmiah
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Kejujuran dalam
mencatat data hasil pengamatan
|
|||
2
|
Ketelitian dalam
melakukan pengamatan
|
|||
3
|
tanggung jawab
pada saat melakukan pengamatan dan setelah melakukan pengamatan
|
Rubrik Penilaian Sikap Sosial
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
|
1
|
Kejujuran dalam
mencatat data hasil pengamatan
|
3
|
Menuliskan,
mencatat, atau menggambar sesuai dengan hasil pengamatan baik secara langsung
maupun dari hasil pengamatan
|
2
|
Menuliskan,
mencatat, atau menggambar kurang sesuai (ada yang melihat gambar dari buku)
dengan hasil pengamatan baik secara langsung maupun dari hasil pengamatan
|
||
1
|
Menuliskan,
mencatat, atau menggambar tidak sesuai dengan hasil pengamatan
|
||
2
|
Ketelitian
dalam melakukan pengamatan
|
3
|
Mengisi semua
bagian struktur jamur yang ditunjuk
|
2
|
Mengisi
sebagian bagian struktur jamur yang ditunjuk
|
||
1
|
Tidak mengisi
bagian struktur jamur yang ditunjuk
|
||
3
|
tanggung jawab
pada saat melakukan pengamatan
|
3
|
Bertanggung
jawab dalam menyelesaikan semua tugas yang ada di dalam LKPD
|
2
|
Menyelesaikan
sebagian tugas yang ada di dalam LKPD
|
||
1
|
Tidak
menyelesaikan sebagian tugas yang ada di dalam LKPD
|
No comments:
Write komentar