Wednesday, 7 February 2018

RPP BIOLOGI KELAS X EKOSISTEM


DOWNLOAD FILE DISINI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
                        Nomor                         : 9
Kelas/Semester            : X/2
Materi Pembelajaran   : Ekologi
Alokasi Waktu            : 6 × 45 menit
Jumlah Pertemuan       : 2 kali

A.    Kompetensi Dasar:
1.9  Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung didalamnya.

4.3  Mendesain bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk media.

B.     Indikator
1.9.1        Menganalisis peranan komponen-komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia.
1.9.2        Menjelaskan interaksi antara komponen biotik dengan komponen biotik lainnya dalam ekosistem.
1.9.3        Membedakan tipe piramida ekologi. 
1.9.4        Mengemukakan terjadinya dinamika komunitas akibat perubahan ekosistem.


4.9.1        Membuat media diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan yang terjadi pada suatu ekosistem.
4.9.2        Membuat media charta daur biogeokimia (siklus nitrogen/ siklus karbon/ siklus sulfur/ siklus fosfor) dari kajian literatur.
4.9.3        Menggunakan media charta daur biogeokimia untuk presentasi di kelas.


C.    Tujuan Pembelajaran:
Afektif
1.      Siswa dapat menyadari dan mengagumi keteraturan dan kompleksitas siklus energi dan daur biogeokimia sebagai ciptaan Tuhan.
2.      Siswa dapat mengubah perilaku untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian  hubungan interaksi antarkomponen ekosistem.

Kognitif
1.      Siswa dapat menganalisis peranan komponen-komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia.
2.      Siswa dapat menjelaskan interaksi antara komponen biotik dengan komponen biotik lainnya dalam ekosistem.
3.      Siswa dapat membedakan tipe piramida ekologi. 
4.      Siswa dapat mengemukakan terjadinya dinamika komunitas akibat perubahan ekosistem.


Psikomotorik
1.      Siswa dapat membuat media diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan yang terjadi pada suatu ekosistem.
2.      Siswa dapat membuat media charta daur biogeokimia (siklus nitrogen/ siklus karbon/ siklus sulfur/ siklus fosfor) dari kajian literatur.
3.      Siswa dapat menggunakan media charta daur biogeokimia untuk presentasi di kelas/belajar di rumah.

D.    Materi Pembelajaran:
1.      Materi Fakta: Terjadi hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungan tak hidup di dalam suatu ekosistem.

Gurun
Sawah

2.      Materi Konsep:
·         Komponen ekosistem:
-          Komponen abiotik (udara, air, tanah, garam mineral, sinar matahari, suhu, kelembapan, pH).
-          Komponen biotik (bakteri, jamur, ganggang, tumbuhan, hewan, manusia).
·         Interaksi antarspesies: netralisme, kompetisi, komensalisme, amensalisme, parasitisme, predasi, protokooperasi, mutualisme.
·         Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem terjadi melalui rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
·         Piramida ekologi: piramida jumlah, piramida biomassa, piramida energi.
·         Produktivitas: produktivitas primer dan sekunder.
·         Daur biogeokimia: daur karbon, nitrogen, air, fosfor, dan belerang.
·         Dinamika Komunitas
-          Perubahan komunitas siklis, terjadi pada periode tertentu, tetapi mudah kembali ke keadaan yang hampir sama dengan keadaan sebelumnya.
-          Perubahan komunitas non-siklis adalah perubahan komunitas yang terjadi secara drastis dengan kondisi komunitas cenderung berubah secara permanen.
·         Suksesi
-          Suksesi primer adalah suksesi yang terjadi pada lahan atau wilayah yang mula-mula tidak bervegetasi atau lahan yang pernah bervegetasi, tetapi mengalami gangguan berat hingga komunitas asal hilang secara total atau tidak ada lagi kehidupan.
-          Suksesi sekunder adalah suksesi yang terjadi pada lahan atau wilayah yang pada awalnya telah bervegetasi sempurna, kemudian mengalami kerusakan, tetapi tidak sampai menghilangkan komunitas asal secara total.

3.      Materi Prinsip
·         Dalam ekosistem terjadi hubungan saling ketergantungan (timbal balik) antara komponen biotik dengan komponen abiotik.
·         Dalam ekosistem terjadi siklus materi dan arus energi.

4.      Materi Prosedural
·         Mendata komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem di lingkungan sekitar.

E.     Metode Pembelajaran:
  • Pembelajaran kolaboratif.
  • Diskusi kelas
  • Observasi

F.     Kegiatan Pembelajaran:
  1. Pertemuan ke-1
a.      Pendahuluan (15 menit)
·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·         Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·         Apersepsi: Menggali pengetahuan siswa tentang komponen ekosistem biotik dan abiotik.
·         Memotivasi:  Guru memperlihatkan gambar/film video tentang contoh ekosistem dengan komponen biotik dan abiotik (misalnya gurun).
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.      Kegiatan Inti (100 menit)
·         Guru mengajak murid untuk mengamati dan menganalisis gambar/film video tentang contoh ekosistem dengan komponen biotik dan abiotiknya (misalnya gurun).
·         Siswa secara individu melakukan pengamatan dan menganalisis gambar/ film video secara cermat dan teliti.
·         Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·         Eksplorasi: Siswa bekerja sama dengan teman sekelompoknya melakukan observasi ke lingkungan sekitar (misalnya, kebun, kolam halaman sekolah) untuk mendata komponen abiotik dan biotik.
·         Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya setelah melakukan observasi ekosistem di lingkungan sekitar.
·         Elaborasi: Pembelajaran kolaboratif dengan presentasi kelompok yang dilengkapi kuis tentang komponen ekosistem, interaksi antar spesies, rantai makanan/jaring-jaring makanan, piramida ekologi, dan produktivitas. Siswa lainnya menanggapi, bertanya, atau menjawab pertanyaan kuis untuk mendapatkan penilaian dari teman sesama.
·         Konfirmasi: Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat tentang komponen ekosistem, interaksi antar spesies, rantai makanan/jaring-jaring makanan, piramida ekologi, dan produktivitas.
·         Secara klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·         Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas kesimpulan siswa.

c.       Penutup (20 menit)
·         Resume: Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang komponen ekosistem, interaksi antar spesies, rantai makanan/jaring-jaring makanan, piramida ekologi, dan produktivitas.
·         Refleksi: memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan komponen ekosistem, interaksi antar spesies, rantai makanan/jaring-jaring makanan, piramida ekologi, dan produktivitas.
·         Tindak lanjut: Penugasan KMTT (kegiatan mandiri tidak terstruktur) proyek melakukan penelitian berkaitan dengan interaksi antar spesies (misalnya, kompetisi antara tanaman jagung dengan rumput di suatu kebun).
·         Rencana pembelajaran selanjutnya: Daur biogeokimia, perubahan komunitas dan suksesi.

  1. Pertemuan ke-2
a.      Pendahuluan (15 menit)
·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·         Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·         Apersepsi: Menggali pengetahuan siswa tentang siklus biogeokimia di alam, contohnya siklus air.
·         Memotivasi:  Menunjukkan gambar skema terjadinya hujan yang merupakan bagian dari siklus air.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti (100 menit)
·         Guru mengajak murid untuk mengamati dan menganalisis gambar skema terjadinya hujan yang merupakan bagian dari siklus air.
·         Siswa secara individu melakukan pengamatan dan menganalisis gambar skema terjadinya hujan pada siklus air.
·         Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·         Eksplorasi: Siswa disuruh mencoba menjelaskan keterlibatan unsur tumbuhan, hewan dan manusia dalam siklus karbon.
·         Elaborasi: Pembelajaran kolaborasi melalui presentasi kelompok dengan media diagram daur biogeokimia (misalnya, daur karbon, nitrogen, air, fosfor, dan belerang).
·         Diskusi kelas dengan presentasi kelompok untuk membahas permasalahan yang berkaitan dengan perubahan komunitas dan suksesi. Siswa lainnya menanggapi, bertanya, atau menjawab pertanyaan kuis.
·         Konfirmasi: Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat tentang daur biogeokimia (misalnya, daur karbon, nitrogen, air, fosfor, dan belerang), perubahan komunitas dan suksesi.
·         Secara klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·         Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas kesimpulan siswa.

c.       Penutup (20 menit)
·         Resume: Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang daur biogeokimia (misalnya, daur karbon, nitrogen, air, fosfor, dan belerang), perubahan komunitas dan suksesi.
·         Refleksi: Memberikan pertanyaan yang terdapat pada fitur berupa kuis, diskusi, dan soal-soal latihan dari buku teks.
·         Tindak lanjut: Membuat beberapa lukisan daur biogeokimia (misalnya, daur karbon, nitrogen, air, fosfor, dan belerang) sebagai KTT (kegiatan tugas terstruktur). Mengerjakan soal-soal latihan buku paket.
·         Rencana pembelajaran selanjutnya: Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

G.    Sumber Belajar/Bahan Ajar/Alat
1.      Sumber belajar:
·         Buku teks Biologi SMA/MA kelas X, Program peminatan kelompok Matematika dan Ilmu-ilmu Alam (MIA), Bab 9.

2.      Bahan Ajar:
·           Gambar/film video tentang contoh ekosistem dengan komponen biotik dan abiotiknya.
·           Gambar skema daur biogeokimia.
3.      Alat:
·         Komputer/LCD, VCD/CD player, fasilitas internet ( modem).

H.    Penilaian
1.      Kognitif
·         Nilai dari pemberian pertanyaan/kuis.
·         Hasil jawaban latihan soal-soal (PR).
·         Ulangan harian.
         Contoh soal:   
Ø  Jelaskan hubungan antara topografi dengan keadaan suhu dan kelembapan.
Ø  Jelaskan jenis interaksi antara spesies berikut, dan sebutkan contohnya.
a.      Protokooperasi
b.      Simbiosis mutualisme
Ø  Buatlah contoh jaring-jaring makanan yang terjadi di danau.
2.      Psikomotorik
·         Unjuk kerja, laporan tertulis hasil observasi ke lingkungan sekitar (misalnya, kebun, kolam halaman sekolah).

3.      Afektif
·         Pengamatan sikap dan perilaku pada saat belajar dan observasi ekosistem di lingkungan sekitar.

























INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN PRAKTIK


Indikator:
·      Membuat media charta daur biogeokimia (siklus nitrogen/ siklus karbon/ siklus sulfur/siklus fosfor) dari kajian literatur.

Aspek penilaian      : Psikomotorik
Judul kegiatan        : Membuat media charta daur biogeokimia
Tanggal Penilaian  :
Kelas                        :

                                           
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Kesesuaian materi
Model skema daur biogeokimia
Perpaduan warna
Ketepatan waktu penyelesaian
1.







2.







3.







4.







5.







6.
























Mengetahui,                                                                               ……………..., … Juli 2014                    
Kepala SMA/MA…………...                                                   Guru Mata Pelajaran Biologi,



......................................                                                             ............................................
NIP................................                                                             NIP.....................................

--------------------



No comments:
Write komentar