Nomor : 8
Kelas/Semester : X/2
Materi Pembelajaran : Dunia Hewan (Animalia)
Alokasi Waktu : 12 × 45 menit
Jumlah Pertemuan : 4 kali
A.
Kompetensi Dasar:
1.6 Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan
pengamatan anatomi dan morfologi
serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
4.3 Menyajikan data tentang
perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada
berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
B.
Indikator
1.6.1
Membandingkan
ciri-ciri umum filum dalam kingdom Animalia (hewan).
1.6.2
Menjelaskan
habitat, cara hidup, ciri-ciri tubuh,
cara reproduksi, peranannya bagi kehidupan berbagai hewan invertebrata.
1.6.3
Menjelaskan
habitat, cara hidup, ciri-ciri tubuh,
cara reproduksi, peranannya bagi kehidupan berbagai hewan vertebrata.
4.8.1
Membuat
tabel kompleksitas proses fisiologis berbagai jenis hewan invertebrata dari
pengamatan gambar.
4.8.2
Menseketsa
bentuk tubuh dan kompleksitas sistem organ berbagai jenis hewan vertebrata
melalui pengamatan pada praktik pembedahan hewan.
4.8.3
Membuat
tabel perbedaan kompleksitas sistem organ berbagai jenis hewan vertebrata
berdasarkan pengamatan objek maupun gambar.
C.
Tujuan Pembelajaran:
Afektif
1. Siswa dapat mengagumi ciptaan
Tuhan berbagai jenis hewan yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di
bumi.
2. Siswa dapat menunjukkan sikap
dalam eksploitasi dan pemanfaatan berbagai jenis hewan secara arif dan menjaga
kelestariannya.
Kognitif
1. Siswa dapat membandingkan
ciri-ciri umum filum dalam kingdom Animalia (hewan).
2. Siswa dapat menjelaskan
habitat, cara hidup, ciri-ciri tubuh,
cara reproduksi, peranannya bagi kehidupan berbagai hewan invertebrata.
3. Siswa dapat menjelaskan
habitat, cara hidup, ciri-ciri tubuh,
cara reproduksi, peranannya bagi kehidupan berbagai hewan vertebrata.
Psikomotorik
- Siswa dapat membuat tabel kompleksitas
proses fisiologis berbagai jenis hewan invertebrata dari pengamatan
gambar.
- Siswa dapat menseketsa bentuk tubuh dan
kompleksitas sistem organ berbagai jenis hewan vertebrata melalui
pengamatan pada praktik pembedahan hewan.
- Siswa dapat membuat tabel perbedaan
kompleksitas sistem organ berbagai jenis hewan vertebrata berdasarkan
pengamatan objek maupun gambar.
D.
Materi
Pembelajaran:
1.
Materi
Fakta: Berbagai jenis hewan hidup di bumi.
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
2.
Materi
Konsep:
·
Ciri-ciri Animalia: eukariotik, multiseluler,
tidak berdinding sel, tidak berklorofil, heterotrof, menggerakkan tubuh untuk mencari makan dan pertahanan diri
terhadap musuh.
·
Hewan invertebrata terdiri dari beberapa filum:
-
Porifera, tidak memiliki jaringan sejati, hidup
di air laut/tawar, tubuh berpori-pori, contohnya hewan spons.
-
Cnidaria, memiliki rongga tubuh gastrovaskuler
dan alat sengat, contohnya ubur-ubur, hewan terumbu karang.
-
Ctenophora, dikenal sebagai ubur-ubur sisir,
tidak memiliki alat sengat, hidup di laut, contohnya Neis cordigera.
-
Platyhelminthes, cacing berbentuk pipih, tidak
berongga tubuh, hidup bebas/parasit, contohnya cacing hati.
-
Nematoda, cacing gilik, hidup bebas/parasit,
contohnya cacing kremi dan cacing perut.
-
Annelida, cacing yang tubuhnya beruas-ruas,
hidup bebas di air/di darat, contohnya cacing tanah dan lintah.
-
Mollusca, bertubuh lunak, tidak beruas-ruas,
bercangkang/tidak, contohnya bekicot, kerang, cumi-cumi.
-
Arthropoda, tubuh dan kaki beruas-ruas; hidup
bebas/ parasit/ simbiosis; contohnya laba-laba, luing, belalang, udang.
-
Echinodermata, hewan berkulit duri, hidup di
laut, contohnya bintang laut, landak laut, dan mentimun laut.
·
Chordata
-
Urochordata (Tunicata): Ascidiacea (contohnya, sea squirt/hewan penyemprot laut),
Thaliacea (contohnya Pyrosoma sp.),
Larvacea (contohnya, Oikopleura sp.).
-
Cephalochordata (lancelet), contohnya, Amphioxus sp.
-
Vertebrata: Pisces (ikan), Amphibia, Reptilia,
Aves (burung), Mammalia.
·
Pisces (ikan), ciri-cirinya bernapas dengan
insang/dilengkapi labirin; memiliki gelembung renang; bersisik; gurat sisi;
jantung dua ruangan; peredaran darah tertutup tunggal; poikiloterm; alat
ekskresi ginjal; alat pencernaan makanan lengkap (mulut – faring – esofagus –
lambung – usus – rektum – anus); contohnya kuda laut, ikan lele, bandeng.
·
Amphibia, ciri-cirinya kulit lunak dan basah;
alat pernapasan insang, paru-paru, kulit; jantung tiga ruangan, peredaran darah
tertutup ganda; poikiloterm; alat ekskresi ginjal; alat pencernaan lengkap dari
mulut hingga kloaka; contohnya
salamander dan katak.
·
Reptilia, ciri-cirinya kulit kering dan
bersisik; alat pernapasan paru-paru; jantung empat ruangan; peredaran darah
tertutup ganda; alat ekskresi ginjal; alat pencernaan lengkap mulai dari mulut
hingga kloaka; poikiloterm; contohnya kadal, penyu, buaya.
·
Aves (burung), ciri-cirinya tubuh berbulu;
homoioterm; alat pencernaan lengkap (mulut – esofagus – tembolok – lambung
kelenjar – empedal – usus halus – usus besar – kloaka); mulut berparuh;
memiliki alat suara siring, pundi-pundi udara, sayap; jantung empat ruangan;
peredaran darah tertutup ganda; alat pernapasan paru-paru; alat ekskresi
ginjal; contohnya ayam, beo, merpati, penguin.
·
Mammalia, ciri-cirinya hewan menyusui; berambut;
alat pencernaan lengkap mulai dari mulut hingga anus; homoioterm; bernapas
dengan paru-paru; jantung empat ruangan; peredaran darah tertutup ganda; alat
ekskresi ginjal; contohnya tikus, gajah, monyet.
·
Peranan Hewan
-
Menguntungkan: bahan makanan (daging sapi, ikan,
udang, telur), obat (madu, minyak ular), bahan sandang (sutera, kulit hewan
untuk jaket dan sepatu).
-
Merugikan: hama tanaman, vektor suatu penyakit,
penyakit cacingan.
2.
Materi
Prinsip
·
Hewan memiliki peranan yang menguntungkan dan merugikan
bagi manusia.
3.
Materi
Prosedural
·
Pengamatan dan bedah hewan vertebrata.
E.
Metode
Pembelajaran:
- Pembelajaran kooperatif.
- Pembelajaran kolaboratif.
- Praktikum
F. Kegiatan Pembelajaran:
- Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan (10 menit)
·
Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen,
mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi:
Menggali pengetahuan siswa tentang ciri-ciri hewan dan klasifikasinya.
·
Memotivasi:
Guru memperlihatkan sampel hewan/gambar/film video berbagai jenis hewan yang
hidup di lingkungan sekitar (misalnya ayam dan ulat).
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti (100
menit)
·
Guru mengajak murid untuk mengamati dan
menganalisis sampel hewan/gambar/
film video berbagai jenis hewan yang hidup di lingkungan sekitar (misalnya ayam
dan ulat).
·
Siswa secara individu melakukan pengamatan dan
menganalisis sampel hewan/gambar/
film video secara cermat dan teliti.
·
Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·
Membentuk kelompok kecil (misalnya, 4 orang)
dengan tingkat kepandaian yang seimbang antar kelompok.
·
Eksplorasi: Pembelajaran kooperatif (saling mengajari
antar teman sekelompok) tentang materi yang dibahas, yaitu Porifera, Cnidaria,
Ctenophora, Platyhelminthes, Nematoda.
·
Elaborasi:
Pembelajaran kolaboratif materi
yang sulit dengan presentasi kelompok tentang siklus hidup ubur-ubur dan
cacing. Siswa lainnya bisa bertanya dan
temannya boleh mencoba menjawab.
·
Konfirmasi:
Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat tentang Porifera, Cnidaria, Ctenophora,
Platyhelminthes, Nematoda
·
Secara
klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk
menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·
Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan
atas kesimpulan siswa.
c. Penutup (25 menit)
·
Resume:
Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang Porifera, Cnidaria, Ctenophora, Platyhelminthes, Nematoda.
·
Refleksi:
Memberikan pertanyaan (kuis) berkaitan dengan Porifera, Cnidaria, Ctenophora, Platyhelminthes, Nematoda.
·
Tindak
lanjut: Penugasan KTT (kegiatan tugas terstruktur) melakukan survei ke
suatu tempat di lingkungan sekitar untuk menemukan berbagai jenis hewan
invertebrata dan membuat laporannya sacara tertulis.
·
Rencana
pembelajaran selanjutnya:
invertebrata (Annelida,Mollusca, Arthropoda, Echinodermata).
- Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan (15 menit)
·
Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen,
mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi:
Menggali pengetahuan tentang ciri-ciri Annelida, Mollusca, Arthropoda, dan
Echinodermata.
·
Memotivasi:
Guru memperlihatkan sampel hewan/gambar/film video tentang Annelida, Mollusca,
Arthropoda, dan Echinodermata yang hidup di lingkungan sekitar.
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
·
Guru mengajak murid untuk mengamati sampel
hewan/gambar/ film video
tentang Annelida, Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata yang hidup di
lingkungan sekitar.
·
Siswa secara individu melakukan pengamatan dan
menganalisis sampel hewan/gambar/
film video secara cermat dan teliti.
·
Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·
Membentuk kelompok kecil (misalnya, 4 orang)
dengan tingkat kepandaian yang seimbang antar kelompok.
·
Eksplorasi:
Pembelajaran kooperatif (saling mengajari antar teman sekelompok) tentang
materi yang dibahas, yaitu Annelida, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata.
·
Elaborasi: Pembelajaran kolaboratif materi yang sulit
dengan presentasi kelompok tentang proses metamorfosis serangga dan perbedaan
anggota subfilum Arthropoda (Chelicerata, Myriapoda, Crustacea, Hexapoda).
Siswa lainnya bisa bertanya atau menanggapinya.
·
Konfirmasi:
Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat tentang Annelida, Mollusca,
Arthropoda, Echinodermata.Secara
klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk
menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·
Secara
klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk
menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·
Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan
atas kesimpulan siswa.
c. Penutup (20 menit)
·
Resume:
Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang Annelida, Mollusca, Arthropoda,
Echinodermata.
·
Refleksi:
memberikan pertanyaan (kuis) berkaitan dengan Annelida, Mollusca, Arthropoda,
Echinodermata.
·
Tindak
lanjut: Penugasan KMTT (kegiatan mandiri tidak terstruktur) pengamatan
secara langsung proses metamorfosis serangga (mulai dari ulat hingga menjadi
kupu-kupu) yang hidup di suatu tanaman dan membuat laporannya secara tertulis.
- Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan (15 menit)
·
Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen,
mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi:
Menggali pengetahuan tentang perbedaan ciri-ciri hewan yang termasuk
vertebrata, seperti Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mammalia.
·
Memotivasi:
Guru memperlihatkan gambar/film video tentang contoh-contoh hewan vertebrata
yang hidup di lingkungan sekitar, misalnya ikan, katak, kadal, ayam, dan
kucing.
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
·
Guru mengajak murid untuk mengamati gambar/film video tentang
contoh-contoh vertebrata yang hidup di lingkungan sekitar, misalnya ikan,
katak, kadal, ayam, dan kucing.
·
Siswa secara individu melakukan pengamatan gambar/ film video secara cermat dan teliti.
·
Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·
Membentuk kelompok kecil (misalnya, 4 orang)
dengan tingkat kepandaian yang seimbang antar kelompok.
·
Eksplorasi: Siswa anggota kelompok kecil mengemukakan
pendapatnya berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu vertebrata, sesuai dengan pengetahuannya/ pengalamannya.
·
Elaborasi:
Pembelajaran kooperatif (saling
mengajari antar teman sekelompok) tentang materi yang dibahas, yaitu vertebrata. Dilanjutkan diskusi
kelas.
·
Konfirmasi:
Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat tentang vertebrata.
·
Secara
klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk
menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·
Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas
kesimpulan siswa.
c. Penutup (20 menit)
·
Resume:
Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang vertebrata.
·
Refleksi:
Memberikan pertanyaan (kuis) berkaitan
dengan vertebrata.
·
Tindak
lanjut: Penugasan menjawab pertanyaan pada fitur buku paket teks dan
latihan soal.
·
Rencana
pembelajaran selanjutnya:
Praktikum bedah hewan vertebrata.
- Pertemuan ke-4
a. Pendahuluan (15 menit)
·
Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen,
mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi:
Menggali pengetahuan siswa tentang cara membedah hewan.
·
Memotivasi: Menanyakan jenis dan keadaan hewan vertebrata
yang akan dibedah.
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
·
Guru mengajak siswa untuk mempersiapkan alat-alat dan bahan praktik
pembedahan hewan vertebrata (misalnya ikan, katak, kadal, burung, dan tikus
putih).
·
Guru menjelaskan cara
kerja membedah hewan vertebrata dengan benar.
·
Eksplorasi:
Siswa melakukan kegiatan pengamatan dan
pembedahan hewan vertebrata .
·
Siswa
dimotivasi/diberi kesempatan menanya tentang hasil praktikum pembedahan hewan
vertebrata sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·
Elaborasi:
Mendiskusikan hasil pengamatan dan pembedahan hewan vertebrata seperti morfologi, anatomi, dan membandingkan perbedaan kompleksitas
alat-alat tubuh (sistem organ).
·
Konfirmasi:
Guru mengkonfirmasi tentang morfologi, anatomi, nama-nama organ dan sistem
organ pada anatomi vertebrata.
·
Secara
klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk
menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·
Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan
atas kesimpulan siswa.
c. Penutup (20 menit)
·
Resume:
Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang morfologi, anatomi, dan perbedaan
kompleksitas alat-alat tubuh.
·
Refleksi:
Memberikan pertanyaan berkaitan dengan morfologi, anatomi, dan perbedaan
kompleksitas alat-alat tubuh (sistem organ).
·
Tindak
lanjut: Penugasan setiap kelompok membuat laporan tertulis praktik bedah
hewan vertebrata.
·
Rencana
pembelajaran selanjutnya:
Ekologi
G. Sumber Belajar/Bahan Ajar/Alat
1. Sumber belajar:
·
Buku teks Biologi SMA/MA kelas X, Program peminatan
kelompok Matematika dan Ilmu-ilmu Alam (MIA), Bab 8.
2.
Bahan Ajar:
·
Sampel hewan, gambar/film video
tentang hewan invertebrata maupun vertebrata.
·
Bahan untuk praktikum pembedahan hewan (ikan, katak, kadal, burung,
tikus putih), dan zat pembius
(kloroform).
3.
Alat:
·
Komputer/LCD, VCD/CD player, fasilitas
internet ( modem).
·
Sarung tangan karet, masker kain (penutup hidung)
·
Peralatan bedah hewan (seperti papan bedah, pisau,
gunting, pinset), lup, dan kamera.
H. Penilaian
1. Kognitif
·
Nilai
dari pemberian pertanyaan/kuis.
·
Hasil
jawaban latihan soal-soal (PR).
·
Ulangan
harian.
Contoh
soal:
Ø Gambarkan skema siklus hidup
Obelia pada fase reproduksi seksual maupun aseksual.
Ø Jelaskan siklus hidup Ascaris lumbricoides (cacing perut).
Ø Jelaskan perbedaan antara Pisces
dengan Amphibia mengenai ciri-ciri fisik tubuhnya, sistem pencernaan makanan,
sistem respirasi, dan sistem peredaran darah.
2.
Psikomotorik
· Unjuk kerja, laporan tertulis hasil
praktikum bedah hewan.
· Laporan
tertulis hasil survei penemuan berbagai jenis hewan invertebrata.
· Laporan tertulis tugas mandiri: Hasil
pengamatan langsung proses metamorfosis serangga yang hidup di suatu tanaman.
3.
Afektif
·
Pengamatan sikap dan
perilaku saat belajar dan praktikum di laboratorium.
INSTRUMEN PENILAIAN
KEGIATAN PRAKTIK
Indikator:
·
Membuat
tabel kompleksitas proses fisiologis berbagai jenis hewan invertebrata dari
pengamatan gambar.
·
Menseketsa
bentuk tubuh dan kompleksitas sistem organ berbagai jenis hewan vertebrata
melalui pengamatan pada praktik pembedahan hewan.
·
Membuat
tabel perbedaan kompleksitas sistem organ berbagai jenis hewan vertebrata
berdasarkan pengamatan objek maupun gambar.
Aspek penilaian : Psikomotorik
Judul
kegiatan : Bedah Hewan Vertebrata
(Pengamatan Morfologi dan Anatomi)
Tanggal Penilaian :
Kelas :
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Persiapan
alat dan bahan
|
Kesesuaian
pelaksanaan dengan cara kerja
|
Kontribusi
dalam teman kelompok
|
Laporan
tertulis praktikum di laboratorium
|
||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
6.
|
Mengetahui,
……………..., …
Juli 2014
Kepala SMA/MA…………... Guru Mata Pelajaran Biologi,
......................................
............................................
NIP................................
NIP.....................................
--------------------
No comments:
Write komentar